Tempat Liburan Cocok Untuk Bersama Keluarga Di Magelang

BNews—MUNGKID— Musim libur lebaran sudah mulai dirasakan oleh masyarakat di Magelang. Tentunya kesempatan ini tidak ingin disia siakan untuk berkumpul dengan keluarga besar mereka.

 

Selain berkumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga, biasanya masyarakat Magelang menghabiskan waktu liburan untuk berwisata di beberapa lokasi di wilayah Kabupaten Magelang. Berikut kami rekomendasikan beberapa lokasi wisata yang cocok untuk keluarga besar di Kabupaten Magelang :

 

  1. Taman Rekreasi Mendut
WISATA : Tampak depan lokasi wisata Kolam Renang Mendut --(Foto--Internet)
WISATA : Tampak depan lokasi wisata Kolam Renang Mendut –(Foto–Internet)

Berada tak jauh dari Candi Borobudur, tepatnya di dekat Bundaran Soekarno – Hatta yang merupakan jalur utama menuju Candi Borobudur. Berwisata bersama keluarga ke Taman Rekreasi Mendut mejadi plihan bijak, tempat ini digemari anak – anak maupun orang dewasa dengan tiga buah kolam renang, satu kolam renang dewasa dengan kedalaman 1.5 – 3.5 meter, dan dua buah kolam renang anak – anak yang dilengkapi papan seluncur, ember tumbah dll. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi : 085643813388

 

2. Limanjawi Art House

WISATA: Tampak Limanjawi Art House, salah satu tempat wisata edukatif yang cocok untuk keluarga--(Foto--Internet)
WISATA: Tampak Limanjawi Art House, salah satu tempat wisata edukatif yang cocok untuk keluarga–(Foto–Internet)

Merupakan sebuah galeri kesenian yang berisi hasi karya seni lukis dari peukis -pelukis terkenal terutaa dari kounitas seniman Borobudur Indonesia (KSBI). Saah satunya adalah “ukisan Bakar” yang merupakan karya seniman bernama Wawan Geni. Lukisan pertama di Indonesia yang menggunakan teknik bakar. Galeri Lukisan yang berada tak jauh dari Candi Borobudur tepanya di Desa Wisata Wanurejo ini di rintis oleh Umar Chusaini yang juga merupakan Ketua KSBI. Selain lukisan juga memamerkan berbagai karya seni lain seperi Gerabah erbagai bentuk ada juga  Miniaur Candi Borobudur, kendi, Miniatur Becak, sepeda onthel, topeng paangan dinding, wayang, paha batu, keris, permainan tradisional dan kain Baik

 

3. Museum Wayang Pondok Tingal

WISATA : Salah satu tempat wisata edukatif untuk keluarga, dimana disini terdapat ribuan jenis wayang, di Museum Wayang Pondok Tingal Borobudur --(Foto--Internet)
WISATA : Salah satu tempat wisata edukatif untuk keluarga, dimana disini terdapat ribuan jenis wayang, di Museum Wayang Pondok Tingal Borobudur –(Foto–Internet)

Wisata Museum wayang “Sasana Guna Rasa” berada di kompleks Pondok Tingal di Desa Wanurejo, Kecamatan Borobudur, sekitar 500 meter timur Candi Borobudur. Museum itu satu bagian dari beberapa bangunan kompleks Pondok Tingal yang dirintis pembangunannya oleh mantan Menteri Penerangan (1968-1973) R. Boediardjo (almarhum). Koleksi wayang di museum seluas sekitar 1.500 meter persegi itu sebanyak 12 kotak yang masing-masing berukuran cukup besar terbuat dari kayu.

Beragam wayang itu antara lain terbuat dari kulit, kayu, bambu dan batu. Beberapa lainnya berupa lukisan kaca tentang tokoh dunia pewayangan serta topeng kayu, dan seperangkat gamelan baik slendro maupun pelog.

Selain itu, sedikitnya 694 judul buku tentang wayang dengan berbagai bahasa, 83 kaset rekaman wayang sejak 1971 hingga 1994, dan 59 kaset video rekaman pergelaran wayang sejak 1980 hingga 1990. Museum itu juga menyimpan berbagai naskah lakon wayang yang dikumpulkan dari para dalang yang menggelar pementasan secara rutin sebulan sekali, setiap Sabtu minggu keempat di kompleks Pondok Tingal di tepi Jalan Balaputera Dewa, Kecamatan Borobudur.Koleksi wayang di museum itu berasal dari sejumlah daerah di Indonesia seperti Jawa, Cirebon, Bali, dan Lombok dan luar negeri seperti China, Kamboja, dan Turki. Museum itu juga mengoleksi wayang Kedu yang dibuat pada 1880.Museum wayang yang dikelola secara mandiri oleh keluarga almarhum Boediardjo itu juga menjadi satu bagian dari objek wisata yang dipromosikan oleh Pemerintah Kabupaten Magelang.Selain untuk menyimpan berbagai koleksi wayang di Tanah Air dan luar negeri, pengelola Museum Wayang “Sasana Guna Rasa” juga mendorong pemanfaatan objek itu sebagai sarana pendidikan budi pekerti bagi anak-anak sekolah, penelitian tentang seni budaya oleh kalangan akademisi, dan pelestarian wayang melalui pementasan wayang secara berkala terutama oleh para dalang muda.

4. Museum H. Widayat

WISATA : Banyak pengunjung menikmati dan belajar dari koleksi Museum H.Hidayat di Sawitan Kota Mungkid.--(Foto--Istimewa)
WISATA : Banyak pengunjung menikmati dan belajar dari koleksi Museum H.Hidayat di Sawitan Kota Mungkid.–(Foto–Istimewa)


Berada di jalur utama menuju Candi Borbudur, menjadikan Museum H. Widayat sangat mudah dikunjungi. Museum H. Widayat merupakanwujud nyata dari sebuah impian, obsesi dan prestasi dari pelukis Widayat, seorang Maestro Seni Rupa Indonesia yang merupakan pendiri museum ini.

Menyimpan lebih dari 1.000 lukisan karya H. Widayat sendiri, tak hanya itu museum ini juga menyimpa koleksi lukisan karya pelukis – pelukis nasional. Anda dapat menemukan beberapa karya seni lain dari H. Widayat di tiga bangunan utama. Museum ini memiliki suasana yang menyenangkan, sejuk dan asri dengan taman di area bekalang dan rumah bergaya Jawa. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi : 081276601228

5. Agrowisata Strobery Banyuroto

WISATA : Kebun Strawberry Semarang berada di Banyuroto, Kec Sawangan, Kab Magelang, Prov Jawa Tengah. --(Foto--Internet)
WISATA : Kebun Strawberry Semarang berada di Banyuroto, Kec Sawangan, Kab Magelang, Prov Jawa Tengah. –(Foto–Internet)

Kebun Strawberry Semarang berada di Banyuroto, Kec Sawangan, Kab Magelang, Prov Jawa Tengah. Cukup dekat dari obyek wisata Ketep Pass Sawangan. Di kawasan ini terdapat banyak pilihan kebun strawberry milik warga sekitar yang bisa Anda masuki. Silahkan memetik sendiri buah strawberry dari kebun, pemilik kebun juga akan memberi informasi kepada pengunjung seperti apa buah strawberry yang sudah matang dan siap untuk dipetik.

Saat masa liburan atau akhir pekan, kawasan Kebun Strawberry Banyuroto lumayan ramai dikunjungi para wisatawan. Ada yang memetik dan memakan buah Strawberry langsung di lokasi, ada pula yang membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

 


6. Agrowisata Salak Nglumut

WISATA : . Agrowisata Salak Nglumut yang dikelola oleh Gapoktan Ngudi Luhur siap melayani wisata petik salak--(Foto--Internet)
WISATA : . Agrowisata Salak Nglumut yang dikelola oleh Gapoktan Ngudi Luhur siap melayani wisata petik salak–(Foto–Internet)

Desa Kaliurang, Kecamatan Srumbung merupakan daerah penghasil Salak Nglumut yang merupakan varietas unggulan buah salak di Kabupaten Magelang. Agrowisata Salak Nglumut yang dikelola oleh Gapoktan Ngudi Luhur siap melayani wisata petik salak. Salak Nglumut ini terkenal dengan kelezatannya, selain itu buah salak ini juga organic dan telah mendapat sertifikat pangan organic. Pemesanan dan informasi dapat menghubungi : 08122718507.

(bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: