IKLAN PARTAI HUT DEMOKRAT

Ini Sosok Seniman Patung Soekarno Yang Diresmikan Megawati di Akmil Magelang

BNews—MAGELANG— Peresmian patung Presiden Pertama Indonesia Ir Soekarno di hall utama Akademi Militer (Akmil) Magelang tidak lepas dari tangan Gunadi. Ia merupakan seorang seniman yang sudah berkecimpung di dunia pembuatan patung lebih dari 34 tahun.

Gunadi sendiri merupakan alumnus Akademi Seni Rupa Indonesia Jogjakarta jurusan seni patung angkatan 1982. Ia menjelaskan, pembuatan patung Bapak Proklamator tersebut terinspirasi dari perjuangannya memerdekakan bangsa Indonesia.

”Saya sangat bangga dengan perjuangan beliau (Bung Karno) terutama mengenai pencetusan pembentukan Akademi Militer,” kata dia penuh bangga.

Patung Ir Soekarno yang diresmikan Presiden Indonesia ke-5 itu dibuat dari bahan material tembaga dicampur kuningan dan finishing menggunakan perunggu. Dengan dimensi 1,2 meter dan bobot 70 kilogram.

”Kami membuatnya (patung) dari melihat foto (Ir Soekarno),” terang  Gunadi.

Senyum Megawati Soekarnoputri usai membuka tirai Patung Ir Soekarno karya seniman Gunadi

Dirinya menjelaskan, dalam pembuatannya memakan waktu sekitar satu setengah bulan. Bentuk patung sendiri berasal dari foto Bung Karno saat usia matang, yakni sekitar 50 tahun.

Loading...

”Atas permintaan Gubernur Akmil (Mayjen TNI Dudung Abdurachman) bentuk penampilan patung, saat beliau (Bung karno) sudah sedikit berumur,” pungkas Gunadi.

Sebagaimana diberitakan, Presiden Indonesia ke-5 Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Ir Soekarno di hall utama kompleks Akmil Magelang, kemarin (7/2). Megawati datang ke Magelang didampingi putrinya, Puan Maharani dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. (cr1/han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: