Tempat Tambahan Untuk Karantina Pasien Covid Disiapkan Pemkab Magelang

BNews–MUNGKID-– Beberapa hari terakhir, lonjakan kasus terkonfrimasi positif covid-19 di Kabupaten Magelang meningkat. Oleh karena itu, Pemkab Magelang siapkan tempat karantina terpusat, sebagai antisipasi melonjaknya pasien Covid-19 kembali.

Tempat yang saat ini sedang disiapkan, ada di Puskesmas Pembantu (Pustu) Gulon Salam.

“Memang benar kami sedang menyiapkan tempat karantina yang terpusat, sebagai antisipasi melonjaknya pasien Covid-19,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Magelang, Nanda Cahyadi Pribadi. Dikutip dari Halo semarang.

Nanda mengatakan selain puskesmas tersebut, juga disiapkan karantina terpusat di laboratorium Kebencanaan Universitas Diponegoro, juga di Gulon Salam.

Untuk Pustu Gulon, terdapat 20 tempat tidur. Jika di kedua tempat itu tidak mencukupi, maka alternatif lainnya adalah di hotel.

Namun demikian, lanjut Nanda bahwa Pemkab Magelang akan memaksimalkan terlebih dahulu Rumah Sakit Merah Putih (RSMP). Di rumah sakit ini terdapat sebanyak 67 tempat tidur.

Nanda menambahkan, melonjaknya kasus Covid-19 akhir-akhir ini merupakan hasil tracing kontak erat.

Karena itu, Satgas Penanganan Covid-19 terus melakukan langkah-langkah antisipasi agar kasus tidak terus melonjak. Diantaranya dengan melaksanakan operasi yustisi tim gabungan disiplin protokol kesehatan secara masif. Kegiatan ini dilaksanakan beserta satgas kecamatan dan desa secara terus-menerus.

Selain itu juga melakukan pembatasan sangat ketat untuk kegiatan masyarakat yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

“Kita juga akan terus melaksanakan tes swab terhadap kontak erat kasus konfirmasi dan meneruskan screening masif. Juga melakukan pencarian terhadap kontak erat konfirmasi,” katanya.

Di sisi lain melakukan treatment berupa pelayanan kesehatan, baik pemberian vitamin dan pemantauan isolasi mandiri.

Masyarakat diminta meningkatkan kewaspadaan dan pengetatan protokol kesehatan. Hal ini menyusul peningkatan signifikan jumlah pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Magelang. (*/her)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: