Terkuak! Fakta Susu Kental Manis yang Harus Kamu Tahu

BNews—MAGELANG— Sebagian besar masyarakat pasti tak asing dengan susu kental manis. Bahan makanan ini sudah dikenal masyarakat dari generasi ke generasi.

Biasanya, susu kental manis ini dijadikan salah satu bahan yang tidak terpisahkan dari berbagai kuliner favorit keluarga. Namun, apakah anda tahu fakta sebenarnya tentang susu kental manis?

Berikut ini, sederet fakta susu kental manis yang dilansir Borobudurnews dari id.berita.yahoo.com, Minggu (11/7/2021).

Sejarah Susu Kental Manis

Susu Kental Manis pertama kali diproduksi massal di Amerika sekira abad ke-18 oleh Gail Borden. Sejak pertama kali diluncurkan, penjualan susu kental manis naik daun.

Pada 1861 misalnya, susu kental manis dipesan dengan jumlah banyak oleh seorang jenderal Angkatan Darat Union (Union Army). Susu kental manis itu dipesan untuk dinikmati oleh para prajuritnya di lapangan saat momen Perang Saudara.

Ketika puncak perang, pabrik susu kental manis bernama Borden’s Elgin di Illinois pun mulai memproduksi 300 ribu galon susu kental manis. Berawal dari sinilah, mulai muncul pelaku bisnis di bidang yang sama dan memproduksi susu kental manis.

Standar Pembuatan Susu Kental Manis

Semua produk atau bahan pelengkap makanan dan minuman dibuat, harus memenuhi standar keamanan yang berlaku. Di Indonesia standar keamanan tersebut ditentukan dari lembaga Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Termasuk susu kental manis diproduksi berdasarkan Perka BPOM Regulasi No.21 Tahun 2016. Dari aturan tersebut susu kental manis didefinisikan sebagai produk susu yang diperoleh dengan menghilangkan sebagian air dari campuran susu dan gula hingga mencapai tingkat kepekatan tertentu.

Nah untuk diketahui bersama, penggunaan gula telah memenuhi standar pembuatan susu kental manis dimanfaatkan, selain untuk memberikan rasa manis, juga meningkatkan umur simpan. Gula memiliki sifat higroskopis yang dapat menghambat tumbuhnya bakteri dan fermentasi pada produk susu.

Susu Kental Manis yang selama ini diperjualbelikan di warung-warung atau swalayan pun, bisa untuk dikonsumsi sebagai bahan makanan yang membuat kreasi menu sarapan untuk keluarga.

Susu Kental Manis, Campuran Bahan Kreasi Sarapan Keluarga

Jika diperhatikan, sepertinya hampir setiap hari kita menyantap makanan atau minuman yang di dalamnya ada campuran susu kental manis. Beberapa makanan dan minuman yang sering menggunakan susu kental manis adalah roti bakar, cake, martabak manis, puding, hingga aneka minuman kekinian seperti Thai tea hingga es kopi susu. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: