Ternyata Berbahaya Makan Nasi Goreng Dengan Lalap Timun, ini Penjelasannya

BNews–KESEHATAN– Siapa yang tidak tahu makanan yang bisa dikatakan Indonesia banget satu ini. Ya, Nasi Goreng dimana makanan yang bisa dikatakan umum dikonsumsi masyarakat Indonesia, bahkan dunia.

Terlebih lagi, masyarakat Indonesia suka mengkonsumsi nasi goreng didampingi kerupuk atau timun. Dan ini jarang diketahui orang, ternyata makan nasi goreng dengan lalapan timun ternyata berbahaya.

Padahal masyarakat sudah terbiasa menjadikan timun menjadi teman pendamping ketika mengonsumsi salah satu makanan terlezat di dunia itu.

Bahkan, makan nasi goreng dengan timun berbahaya dan bisa menyebabkan gangguan tenggorokan hingga kanker.

Sebuah penelitian yang dilakukan di University of The Basque Country menyebutkan nasi goreng yang dimasak memakai minyak bekas akan memunculkan zat yang bernama aldehida.

Dilansir HiMedik.com, apabila zat aldehida bertemu dengan getah timun bisa membuat tenggorokan terganggu hingga yang paling berbahaya adalah kanker.

Sebetulnya bukan hanya nasi goreng, makanan lain yang mengandung aldehida akan menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk tidak makan nasi goreng pakai lalapan timun karena berbahaya.

Loading...
Bikin Gemuk

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi nasi goreng juga bisa bikin gemuk. Hal ini dikarenakan nasi goreng mengandung kalori yang tinggi sehingga mudah untuk bikin seseorang menjadi gemuk.

Apalagi dalam satu porsi nasi goreng biasanya dinikmati dengan tambahan bahan pelengkap, seperti cumi, udang, dan telur. Tentunya, tambahan tersebut meningkatkan jumlah kalori dalam satu porsi nasi goreng.

Sebagai informasi dalam satu porsi nasi goreng lengkap dengan isinya, terdapat kalori sebanyak 630.

Hal ini jauh lebih tinggi dibandingkan dengan kalori makanan cepat saji atau fast food, yakni 300 kalori per 100 gram. Padahal selama ini fast food kerap dianggap makanan yang tak menyehatkan dengan kalori tinggi.

“Kalau dikonsumsi terus menerus kan kalorinya tinggi. Nasi goreng pasti pakai minyak, kalah ditambah dari minyak dan minyak gorengnya terlalu panas takutnya timbul radikal bebas, ungkap dokter spesialis gizi, Titi Sekarindah kepada Detik.com

Menikmati Nasi Goreng dengan Cara Sehat

Maka dari itu, Titi menyarankan untuk tidak terlalu sering mengonsumsi nasi goreng. Namun, jika ingin menikmati nasi goreng dengan cara yang sehat,  pilihlah bahan pelengkap yang menyehatkan, seperti sayuran.

Dan hindari penggunaan cumi, udang, dan tak pakai timun saat makan nasi goreng karena akan meningkat jumlah kalori yang tinggi pada salah satu makanan khas Tanah Air ini.

Anda juga bisa mengganti minyak goreng dengan minyak zaitun saat memasak nasi goreng. Minyak tersebut diklaim mampu meningkatkan kolesterol baik dan yang jelas menyehatkan. (*/Lubis)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: