TIM PPMT UNIMMA Gelar Pelatihan Desain Grafis Untuk UMKM di Dusun Kauman

BNews-MAGELANG– Universitas Muhammadiyah Magelang (Unimma) kembali menggelar Program Pengabdian Pada Masyarakat Terpadu (PPMT). Dimana sebuah kegiatan tahunan yang melibatkan dosen dan mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat.

PPMT tahun ini, yang merupakan periode ke-8, menandai komitmen berkelanjutan Unimma dalam memberikan kontribusi; kepada masyarakat melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat terpadu.

Tema pada PPMT adalah “Pengembangan Literasi Digital dengan Pelatihan Desain Grafis untuk Peningkatan Kualitas Kemasan Hasil Produk Makanan UMKM di Desa Jamus Kauman.”

Dengan satu dosen dan lima mahasiswa sebagai anggota kelompok, mereka berfokus pada Dusun Kauman, Desa Jamuskauman, Kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang.

Tim PPMT ini terdiri dari Dili Trisna Noviasari, S.H., M.H. sebagai dosen pembimbing, Muchamad Faris Fauzi sebagai ketua; serta empat anggota lainnya, yaitu Rafly Ferraldinand Syach, Augusto Cristovao Amaral Patricio, Arif Resananda, dan Anggita Leo Ervandy.

Pentingnya label produk untuk meningkatkan kualitas kemasan produk UMKM Dusun Kauman menjadi perhatian utama tim. Oleh karena itu, mereka fokus pada pelatihan desain grafis dan pendampingan pengurusan legalisasi usaha berupa Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga (SPP-IRT). Langkah ini diambil untuk meningkatkan kualitas produk, kepercayaan konsumen, dan daya beli.

Kepala Desa Jamuskauman memberikan dukungan penuh terhadap program kegiatan yang berkaitan dengan UMKM di wilayahnya. Kerjasama baik antara tim PPMT dan UMKM Emping Melinjo Ibu Sumarsih menjadi bukti nyata dari sinergi yang terjalin.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Tim PPMT Dusun Kauman berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya meningkatkan kemasan produk UMKM secara langsung, tetapi juga menciptakan kesadaran dan kepedulian hukum terkait pentingnya legalisasi usaha di lingkungan masyarakat. Dengan demikian, diharapkan dapat membantu meningkatkan penjualan produk UMKM di Dusun Kauman, khususnya mitra, UMKM Emping Melinjo Ibu Sumarsih.

Selain melakukan pelatihan desain grafis, tim PPMT Dusun Kauman juga aktif melakukan sosialisasi tentang pentingnya legalisasi usaha di Dusun Kauman, khususnya untuk UMKM seperti Emping Melinjo milik Ibu Sumarsih. Langkah ini diambil sebagai upaya untuk memperkuat landasan hukum dan meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap proses legalisasi usaha.

Kepala Desa Jamuskauman dengan antusias menyambut baik program kegiatan yang berfokus pada pengembangan UMKM di wilayahnya. Adanya dukungan dari pemerintahan setempat memperkuat keberlanjutan dan dampak positif dari program PPMT ini dalam mengatasi permasalahan masyarakat.

Dalam proses pelaksanaan, tim kelompok PPMT Dusun Kauman berupaya tidak hanya memberikan manfaat langsung dalam hal pelatihan dan legalisasi usaha, tetapi juga memberikan pemahaman tentang praktik berkelanjutan. Mereka mendorong adopsi kebijakan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan di kalangan UMKM untuk meningkatkan daya saing produk.

Harapan tim PPMT Dusun Kauman adalah bahwa melalui program ini, tidak hanya kualitas kemasan produk UMKM yang meningkat, tetapi juga kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya aspek legal dalam dunia usaha. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat memberikan dampak positif jangka panjang bagi perkembangan UMKM dan masyarakat setempat. (adv)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: