Tim Roket Air MTs N 1 Magelang Melaju ke Tingkat Nasional

BNews—KOTA MAGELANG- Tim Roket Air MTs Negeri 1 Magelang berlaga dalam Kontes Roket Air 2019 di Taman Pintar Yogyakarta akhir bulan kemarin. Perwakilan tim akhirnya dinyatakan lolos ketingkat Nasional.

Guru pembimbing MTS N 1 Magelang, Bambang Sugiarto mengatakan bahwa kontes tersebut digelar 31 Agustus kemarin di Stadion Kridosono Yogyakarta. “Kontes Roket Air 2019 merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan Taman Pintar dimana pada tahun ini merupakan penyelenggaraan tahun ke-10,” katanya.

Advertisements
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});


Peserta pada tahun ini tercatat total 409 tim, terdiri dari 266 tim siswa SMP dan 143 tim siswa SMA yang berasal dari Yogyakarta, Jawa Tengah dan Jawa Barat. “Kemarin setiap sekolah diperbolehkan mengirimkan lebih dari 1 tim dengan dibatasi maksimal 10 tim, dimana jumlah peserta tiap tim adalah 1 siswa untuk SMP dan 2 siswa untuk SMA dengan didampingi oleh guru pendamping,”imbuhnya.


Bambang juga menjelaskan bahwa Kontes Roket Air 2019 itu mengaplikasikan kemampuan aerodinamika roket untuk dapat terbang dan mendarat pada sasaran tembak yang berjarak 80 meter. “Dalam kontes tersebut diawali dengan pembuatan roket, dimana peserta diwajibkan membuat dua roket secara mandiri. Penentuan pemenang berdasarkan nilai R arau jarak dari titik jatuh roket ke pusat sasaran terkecil dari dua kali kesempatan peluncuran,”paparnya.

Dalam kesempatan itu, tim MTs Negeri 1 Magelang mengirimkan 10 tim yang terdiri dari siswa kelas VII, VIII dan IX. “Persaingan Kontes Roket Air dari tahun ke tahun semakin ketat. Hal tersebut dapat dilihat dari jumlah peserta yang selalu meningkat tiap tahunnya, juga peserta dari luar daerah seperti Jawa Barat juga turut berkompetisi,” ungkapnya.

BACA JUGA : KEREN…Atlit Magelang Sumbang Emas Perdana di Kejuaraan Internasional

Bagi MTs Negeri 1 Magelang, keikutsertaan kali ini merupakan tahun ke-3 dimana pada dua tahun sebelumnya 3 tim siswa MTs Negeri 1 Magelang berhasil memperoleh juara dan melaju ke Tingkat Nasional. “Dan pada kontes tahun ini, Alhamdulillah tim MTs Negeri 1 Magelang masih bisa mempertahankan tradisi lolos seleksi daerah dan berhak melaju ke Tingkat Nasional,’ teranngnya.

Bambang menyebutkan untuk tim kali ini yang lolos tingkat nasional yakni perwakilan siswa atas nama Izatullah Husni Abdillah dari kelas IX Program Khusus dengan memperoleh hasil peringkat VI. “Dengan hasil tersebut dirinya mendapat penghargaan berupa Trophi dan hadiah,” tandasnya.

Izza akan berkompetsisi di tingkat nasional Kejuaraan Roket Air Nasional (KRAN) 2019 di Jakarta bersama 9 tim lainnya pada 27-29 September 2019 mendatang.

Kepala MTs Negeri 1 Magelang, Gunartomo memberikan support penuh kepada Izza dalam mempersiapkan diri menghadapi kejuaraan di tingkat Nasional melalui latihan intensif. “Saya berharap dan berdoa agar keikutsertaan tim roket air MTs Negeri 1 Magelang ke tingkat Nasional untuk kali ke-4 berturut-turut ini bisa meraih hasil yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya,” harap dia. (bsn/bn1)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: