Tingkatkan Kesadaran Hidup Sehat, Posyandu Lansia Dibentuk Di Kalinegoro

BNews–MAGELANG– Program Pengabdian Masyarakat Terpadu (PPMT) adalah program penyetaraan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Sama halnya yang dilaksanakan oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA).  

Dan kali ini kelompok PPMT UNIMMA terjun ditengah masyarakat di Dusun Jenis Desa Kalinegoro Kecamatan Mertoyudan. Mereka membawa program pembentukan Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) khusus warga Lansia.

Hal tersebut melihat meningkatnya derajat kesehatan dan kesejahteraan penduduk akan berpengaruh pada peningkatan Usia Harapan Hidup (UHH) di Indonesia. Berdasarkan laporan World Health Organization (WHO); meningkatnya populasi lansia ini membuat pemerintah perlu merumuskan kebijakan dan program; yang ditujukan kepada kelompok penduduk lansia sehingga dapat berperan dalam pembangunan dan tidak menjadi beban bagi masyarakat. 

Kelompok PPMT tersebut terdiri dari satu dosen pendamping dan empat mahasiswanya. Meraka adalah mahasiswa Farmasi, psikologi dan Keperawatan; yaitu Ummu Kaltsum, Shanti Putri Paramithasari, Irda Iriani Narulalita dan Chelsy Sumardi Saputri; dengan dosen pendamping Fitriana Yuliastuti.

“Pembentukan Posyandu Lansia ini sebagai upaya meningkatkan kesadaran kesehatan pada usia lanjut,” kata Dosen Pendamping, Fitriana Yuliastuti.

Selain itu, lanjutnya kelompok PPMT tersebut bertujuan untuk membantu, agar dapat dimanfaatkan untuk pemeliharaan dan pemantauan kesehatan lansia secara optimal. “Terpenting adalah menerapkan pola pentingnya menjaga kesahatan. Apalagi dengan usia lanjut, kesehatan sangatlah penting,” imbuhnya.

Perlu diketahui, Dusun Jetis adalah salah satu dusun yang terdapat di Desa kalinegoro, Kecamatan Mertoyudan, Magelang. Dan diketahui jumlah lansia di lokasi tersebut sekitar 130 orang dari 6 RT di lingkungan Jetis.

Loading...
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Menurutunya, kesadaran akan kesehatan di kampung tersebut masihlah minim. Hal ini dibuktikan dengan kurangnya pengetahuan dan kurangnya kesadaran untuk memeriksakan diri.

“Oleh sebab itu mahasiwa kami tersebut merancang program posyandu lansia yang bekerja sama dengan Bidan Desa setempat,” ujarnya.

Kegiatan Posyandu Lansia dengan pendampingan Kelompok PPMT UNIMMA di Kalinegoro

Namun, lanjutnya sebelumnya kelompok PPMT tersebut mengadakan  serangkaian kegiatan, antara lain membentuk posyandu lansia dari kader posyandu yang ada. “Setelah itu membentuk pengurus posyandu lansia juga. Serta sosialisasi mengenai kesehatan dan kesejahteraan lanjut usia,” paparnya.

Dalam kegiatan Posyandu Lansia sendiri, katanya mulai dari pengukuran IMT, pemeriksaan tekanan darah dan konseling.

“Kegiatan yang selama ini kami laksanakan disambut dan diterima dengan baik oleh semua pihak. “Terpenting dalam pelaksanaannya di tengah Pandemi seperti ini, protokol kesehatan tetap diutamakan,” tegasnya. (adv)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: