Tingkatkan Penguasaan Bahasa Inggris, Mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang Bantu Mengajar di Sekolah

BNews—SEMARANG— Membantu mengajar bahasa Inggris di MI Miftakhul Falah 01, Desa Kadirejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, menjadi salah satu program Mahasiswa KKN RDR-77 UIN Walisongo Semarang.

Tujuan dari kegiatan tersebut adalah untuk membantu mengembangkan desa agar lebih maju dan sejahtera. Program ini dilakukan mulai 5 Oktober hingga 18 November 2021.

Hidayatun Nurdiana selaku mahasiswa KKN UIN Walisongo Semarang mengatakan bahwa dengan menguasai bahasa Inggris, diharapkan nantinya para peserta didik MI tersebut dapat dengan mudah masuk ke dalam dunia Internasional dan memperoleh masa depan yang cerah serta menjanjikan.

”Untuk bersaing dengan dunia Internasional, maka perlu sekali mempelajari bahasa Inggris. Yang mana hampir tiap negara di dunia menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi,” ujar dia.

Dirinya membantu mengajar bahasa Inggris dari kelas 1 hingga kelas 6. Setiap hari hari Selasa, Kamis, Jum’at, dan Sabtu. Mulai pukul 08.00-10.00 WIB selama masa KKN berlangsung.

”Metode pembelajarannya pun dengan santai namun tetap fokus. Agar membuat para murid nyaman, dan semakin menggemari pelajaran tersebut. Menyanyi bersama, bermain, tebak-tebakan seru.

Diskusi kelompok yang ceria dan penjelasan yang rinci namun mudah untuk dipahami. Seperti sedang berbincang sesama teman, santai namun tetap fokus dengan topik yang dibicarakan,” jelas Hidayatun.

Menurutnya, mempelajari bahasa Inggris bukan lagi menjadi sebuah kewajiban yang ditujukan untuk perolehan nilai sekolah yang tinggi atau peringkat yang unggul di sekolah. Namun juga sebagai tameng pertahanan dalam menghadapi arus globalisasi yang semakin hari semakin menantang.

”Jika tidak ingin terlempar dari dunia tersebut, maka tingkatkan kemampuan berbahasa Inggris,” imbuh dia.

Selain membantu mengajar bahasa Inggris di sekolah, lanjut Hidayatun, dirinya juga mengikuti tahlilan bersama warga sekitar. Kemudian menanam TOGA, membagikan masker serta memberikan penyuluhan terkait pencegahan Covid-19 di sekolah terdekat. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: