Turut Berduka Atas Ledakan di Lebanon, Ganjar Berharap Indonesia Bisa Berikan Bantuan

BNews—JATENG—Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengungkapkan duka mendalam atas tragedi ledakan di Beirut, Lebanon, pada Selasa waktu setempat. Ia berharap, Indonesia dapat memberikan bantuan.

”Kita turut berduka, dalam kondisi seperti ini, ada musibah seperti itu. Tentu pembelajarannya banyak, kalau tidak salah itu terjadi karena adanya stok pupuk yang disimpan lama. Mudah-mudahan negara bisa memberikan bantuan, karena Lebanon itu juga negara sahabat,”  kata Ganjar di rumah dinasnya, Rabu (5/8/2020).

Terkait korban jiwa yang berasal dari Indonesia, Lanjut Ganjar, dirinya belum mendapat informasi resmi. Namun dari berita di media, terdapat satu WNI yang menjadi korban dengan kondisi luka-luka.

”Informasinya ada satu WNI, tapi hanya luka dan tidak meninggal. Kami berharap tidak ada korban jiwa dari Indonesia, khususnya warga Jawa Tengah di sana. Kalau ada, pasti kita bantu,” paparnya.

Ganjar menyebut, Dubes Indonesia di Lebanon adalah orang Jawa Tengah, dan merupakan teman dekatnya. Ia akan segera menghubungi Dubes tersebut untuk mengetahui kondisi terkini.

”Pak Hadjriyanto Thohari itu teman saya dan cukup aktif. Nanti saya kontak. Pak Dubes orang yang sangat peduli soal ini, dan banyak WNI di sana adalah pasukan perdamaian, sehingga hari ini mereka dikerahkan semua untuk membantu penanganan bencana itu,” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, terjadi ledakan cukup besar di pelabuhan Beirut Lebanon, Selasa waktu setempat. Akibat dari peristiwa tersebut, sedikitnya ada 78 orang meninggal dunia dan 4.000 warga lainnya mengalami luka-luka.

Ledakan diduga berasal dari amonium nitrat untuk bahan pupuk pertanian yang disimpan cukup lama di kawasan itu. Saat ini, pemerintah Lebanon tengah melakukan penyelidikan terkait musibah tersebut. (lhr/mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: