Bebebrapa Kegiatan Bisa Dilakukan Agar Terhindar Dari Penyakit Jantung

BNews–KESEHATAN– Jantung adalah organ yang sangat penting bagi tubuh kita, karena jantung berfungsi sebagai pompa untuk memenuhi kebutuhan oksigen dan nutrisi ke jaringan tubuh lainnya.

Mereka adalah organ yang tidak pernah berhenti bekerja, maka dari itu sangat penting untuk menjaga jantung Anda tetap sehat.

Sayangnya, menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), penyakit kardiovaskular adalah salah satu penyakit paling umum dan merupakan penyebab utama kematian di seluruh dunia. Penyakit ini tidak hanya menyerang orang tua saja, bahkan belakangan ini, kasus serangan jantung di kalangan anak muda.

Kebiasaan gaya hidup yang tidak sehat bertanggung jawab atas peningkatan mendadak jumlah pasien muda ini, menurut para ahli dan beberapa penelitian. Mengikuti pola hidup yang sehat dan tepat dapat membantu menjaga jantung Anda tetap sehat dalam jangka panjang.

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda terapkan jika Anda ingin menghindari penyakit kardiovaskular, melansir Times of India, Selasa (12/10/2021).

1. Rutin memeriksa tekanan darah dan kadar kolesterol Anda

Tekanan darah tinggi atau hipertensi dan kadar kolesterol tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantung, termasuk stroke, serangan jantung dan lainnya.

Karena biasanya hipertensi dan kadar kolesterol tinggi tidak memiliki tanda-tanda tertentu, membiarkan mereka tidak diobati dapat menyebabkan banyak komplikasi dalam jangka panjang.

2. Pertahankan berat badan yang sehat

Obesitas dapat meningkatkan peluang seseorang terkena penyakit kardiovaskular, maka dari itu penting untuk mencegah obesitas. Apabila Anda kelebihan berat badan, olahraga teratur dan memerhatikan apa yang Anda makan dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

3. Hindari menjalani gaya hidup sedentary dan berolahraga secara teratur

Sudah menjadi rahasia umum bahwa tidak aktif secara fisik dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Penelitian yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine, menemukan bahwa duduk dalam waktu lama dikaitkan dengan kondisi kesehatan kronis termasuk penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan kanker.

Karena itu, sudah saatnya mengubah cara dan mulai berolahraga secara teratur. Anda selalu bisa memulai dengan lambat.

4. Hindari konsumsi alkohol dan merokok, serta kelola tingkat stres Anda

Minum alkohol dan merokok dapat meningkatkan tekanan darah dan kadar trigliserida dalam darah, yang membuat Anda lebih rentan terhadap stroke dan gagal jantung kongestif. Selain itu, terlalu stres menempatkan banyak tekanan pada jantung Anda. Untuk mengurangi dan mengelola tingkat stres, cobalah untuk melakukan yoga atau meditasi. Ini tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan jantung yang lebih baik, tetapi juga membuat Anda tetap dalam kondisi dan kerangka pikiran yang baik.

5. Ikuti diet jantung sehat

Makan makanan yang tinggi lemak trans perlu dihindari. Lemak trans meningkatkan risiko terkena penyakit jantung termasuk stroke. Ini memblokir arteri Anda dengan meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). Ini mempengaruhi hati Anda dalam banyak hal.

Diet jantung sehat terdiri dari buah-buahan, sayuran, biji-bijian dan makanan kaya serat yang juga bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: