Umat Buddha di Candi Borobudur Lantunkan Doa untuk Perdamaian Dunia

BNews–MAGELANG– Puluhan umat Buddha menggelar doa untuk perdamaian dunia. Kegiatan dilaksanakan di Taman Aksobya, kompleks Candi Borobudur, Kabupaten Magelang selama dua hari, Senin-Selasa (20-21/5/2024).

Acara bertajuk Nyingma Monlam Chenmo Indonesia ini dalam rangkaian Perayaan Tri Suci Waisak 2568 B.E/2024 M.

Ketua panitia Nyingma Monlam Chenmo Indonesia, Lama Rama Santoso Lim mengatakan kegiatan ini tujuannya salah satunya untuk perdamaian dan kesejahteraan dunia.

“Khususnya untuk perdamaian dan kesejahteraan NKRI,” katanya, Senin (20/5/2024)

Sebelumnya, dalam rangkaian perayaan Hari Raya Waisak 2568 B.E/2024 M, puluhan Biksu yang menjalani Thudong tiba di Candi Borobudur pada Senin (20/5/2024) sekira pukul 13.53 WIB. Mereka mulai jalan dari Semarang pada Kamis (16/5/2024) lalu.

Para Biksu tersebut berasal dari negara Thailand, Malaysia, Singapura dan Indonesia. “Perjalanan kurang lebih 60 kilometer (ke Candi Borobudur),” kata Pimpinan rombongan Biksu Thudong, Bhante Kamsai Sumano Mahathera, Senin (20/5/2024) siang.

Dia menyebut, selama menjalani Thudong, para Biksu mendapat pengalaman baru seperti penyambutan yang meriah dari masyarakat di sepanjang rute Thudong.

“Tidak pernah kesepian. Banyak yang mengundang untuk mampir seperti di sekolah, kecamatan. Kami merasakan persaudaraan, kerukunan seperti keluarga sendiri. Memberikan semangat,” ujarnya.

“Kemarin kami jalan dari jam 05.00, kami kaget ada masyarakat memberikan minuman dan buah-buahan. Ada yang memberikan sandal, obat-obatan. Yang diberikan ini seolah-olah mendukung kita untuk sampai ke Borobudur dengan selamat,” pungkasnya. (mta)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!