UMM Jadi Kampus Tanpa Asap Rokok

BNews—MERTOYUDAN—Universitas Muhammadiyah Magelang (UMM) mendeklarasikan kawasan tanpa rokok Sabtu kemarin (24/2). Bertempat di kampus 2 UMM di Mertoyudan Muhammadiyah Tobacco Control Center (MTCC) mengadakan acara deklarasi tersebut.

 

Dengan mengangkat tema Mewujudkan UM Magelang sebagai Kawasan Tanpa Rokok untuk Menciptakan Generasi Sehat yang Berkemajuan , MTCC mengajak mewujudkan kampus yang sehat, nyaman, dan produktif.

 

Retno Rusdjijati ketua MTCC mengatakan bahwa sejak didirikan tahun 2014, MTCC UM Magelang akhirnya bisa mendeklarasikan Kawasan Tanpa Rokok (KTR) di lingkungan UM Magelang.”Hal ini guna mewujukan lingkungan kampus yang sehat, nyaman, dan produktif,” katanya sesaat setelah melakukan deklarasi bersama di Aula Gedung Fikes Kampus 2 UM Magelang.

 

Hal ini juga didukung dukungan dari Rektor UMM dengan menuangkan Surat Keputusan Rektor nomor 0176/KEP/II.3.AU/F/2017 .”Surat putusan ini merupakan Implementasi Program Kawasan Tanpa Rokok  Kampus UM Magelang sebagai area yang dilarang untuk kegiatan merokok atau kegiatan memproduksi, menjual, mengiklankan atau mempromosikan produk tembakau sesuai dengan UU No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan,” imbuhnya.

 

Sementara Rektor UM Magelang, Eko Muh Widodo dalam sambutannya menerangkan bahwa KRT telah melalui proses yang panjang setelah sebelumnya UM Magelang melokalisasi para perokok dalam ruang tersendiri.”Sekarang tidak hanya meminimalisir tetapi sudah pada tahap menghilangkan asap rokok di lingkungan kampus,” katanya.

 

Eko menambahkan bahwa dahulu ia juga seorang perokok baik saat menjadi mahasiswa maupun menjadi dosen.”Namun tahun 2001 kebiasaaan tersebut berhenti seiring dengan kesadaran dari dalam dirinya sendiri, Bukan karena sakit atau alasan lain, “ tandasnya.

 

Rektor UM Magelang juga ikut membacakan deklarasi KTR di lingkungan kampus UM Magelang. Selain itu dilakukan pula mematahkan replika rokok sebagai simbol tidak adanya lagi rokok di area kampus serta penandatanganan banner Deklarasi Komitmen KTR oleh seluruh peserta yang ikut dalam acara tersebut. (bsn)

 

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: