Unik Sunatan Ala Seniman Jawa di Lereng Merapi Dukun

0
178
UNIK: Prosesi kirab sunatan ala seniman yang di kemas menjadi sebuah konsep Jawa lampau di Lereng Merapi (29/12)--(Foto--bsn)
UNIK: Prosesi kirab sunatan ala seniman yang di kemas menjadi sebuah konsep Jawa lampau di Lereng Merapi (29/12)--(Foto--bsn)

BNews–DUKUN– Salah satu seniman Magelang Tri Hartanto menggelar tradisi sunatan ala seniman Jawa siang ini (29/12). Dirinya menyunatkan anaknya sendiri Kesi Rolandevent,12 di rumahnya Dusun Garonan Desa Banyubiru Kecamatan Dukun lereng Merapi barat.

Prosesi sebelum sunatan di konsep ala Jawa kuno, dimana anaknya sendiri ditandu oleh para seniman dari KSBI15. Dengan berbalut busana Jawa kuno, hiasan tandu dengan bahan bahan palawija serta diiringi musik jawa rombongan berjalan dari jalan besar menuju halaman rumahnya.

Sepanjang jalan masuk dipenuhi dengan hiasan ornamen unik dan kreatif. Suasana ini ikut menambah nuansa Jawa dahulu terasa bagi para tamu yang hadir.

“Konsep kali ini memang sengaja kita kemas nuansa Jawa, selain background saya seniman konsep ini ingin mengajak atau memberikan tahu anak saya untuk kembali dengan alam,” ungkap Tri Hartanto kepada awak media.

Konsep ditandu ini Tanto sapaan akrab seniman ini menceritakan bahwa ingin menunjukan konsep seperti jaman dahulu dimana anak raja kala itu ditandu. “Hal ini ingin menunjukan kekentalan nuansa Jawa zaman dahulu,” imbuhnya.

Ditanya terkait pemberian simbolis sarung dan kopyah, Tanto menjelaskan itu berlambang ucap syukur kita sebagai orang tua. “Itu rasa syukur kami dimana anak kami sudah meninggalkan akhir baleqnya, dan saya berharap dengan itu pula kedepan anak kami setelah dewasa bisa berguna bagi Agama, Nusa dan bangsa,” tandasnya.

Sementara anaknya, Kesini Rolandevent selepas selesai disunat mengungkapkan rasa senang. “Saya senang dengan proses yang dibuat ayah saya, meskipun sempat merasa khawatir atau takut ingin disunat saya tetap berani,” pungkasnya. (bsn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here