Penyebab Gatal Seluruh Tubuh dan Cara Mengatasinya

BNews-KESEHATAN– Gatal-gatal di seluruh badan merupakan masalah yang umum terjadi dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Namun, jika gatal-gatal tersebut terus berlanjut, tentu sangat mengganggu dan menyiksa. Terdapat banyak faktor penyebab gatal-gatal di seluruh badan, mulai dari alergi, infeksi kulit, hingga masalah psikologis.

Penanganan gatal-gatal tersebut juga berbeda-beda, tergantung pada penyebab utamanya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencari tahu penyebab pastinya agar dapat memilih obat yang paling cocok.

Apa Saja Penyebab Gatal Seluruh Badan?

Beberapa kondisi yang dapat memicu gatal-gatal di seluruh badan antara lain:

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
  1. Reaksi alergi, seperti terhadap debu, makanan, paparan bahan kimia, kosmetik, deterjen, atau gigitan serangga.
  2. Infeksi, seperti herpes, kurap, scabies, atau kutu.
  3. Masalah kulit, seperti biang keringat, eksim, kulit kering, biduran, psoriasis, atau dermatitis atopik.
  4. Gangguan sistem saraf, seperti saraf terjepit dan multiple sclerosis.
  5. Penyakit kronis, seperti gangguan ginjal, diabetes, masalah tiroid, kanker, penyakit hati, dan anemia defisiensi besi.
  6. Perubahan hormon selama kehamilan.
  7. Masalah psikologis, seperti stres, gangguan kecemasan, hingga depresi.

Obat untuk Mengatasi Gatal Seluruh Badan

Sebelum mengonsumsi obat, penting bagi Anda untuk mencari tahu penyebab gatal tersebut agar dapat menghindarinya. Pemilihan obat yang tepat juga harus sesuai dengan penyebab gatal tersebut.

Misalnya, jika gatal-gatal disebabkan oleh diabetes, Anda perlu mengontrol kadar gula darah dengan menghindari makanan manis dan mengonsumsi obat diabetes guna menjaga gula darah tetap terkontrol.

Selain itu, terdapat beberapa jenis obat yang dapat meredakan gatal-gatal di seluruh badan, antara lain:

  1. Antihistamin

Obat ini bekerja dengan menghambat produksi histamin yang memicu rasa gatal di seluruh badan. Namun, beberapa jenis antihistamin dapat menyebabkan kantuk, sehingga sebaiknya diminum pada malam hari saja. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat.

  1. Kortikosteroid

Kortikosteroid diresepkan jika gatal-gatal disebabkan oleh peradangan, seperti eksim, dermatitis, atau gigitan serangga. Obat ini tersedia dalam bentuk krim, salep, atau tablet.

  1. Obat oles nonsteroid

Obat oles nonsteroid umumnya tersedia dalam bentuk krim, losion, gel, atau bedak. Contoh obat oles nonsteroid untuk meredakan gatal di seluruh badan antara lain losion calamine, krim mentol dan capsaicin, atau salep pramoxine.

  1. Antidepresan

Selain meredakan gejala depresi, antidepresan juga digunakan untuk mengobati gatal-gatal akibat kelainan saraf atau masalah psikologis yang tidak merespon pengobatan lainnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
  1. Antibiotik

Jika gatal-gatal di seluruh badan menyebabkan kerusakan kulit, seperti infeksi dan bernanah, kemungkinan penyebabnya adalah bakteri. Oleh karena itu, gatal-gatal akibat bakteri perlu diobati dengan antibiotik.

Perawatan Tambahan

Selain penggunaan obat-obatan, terdapat beberapa perawatan tambahan yang dapat membantu mengatasi gatal-gatal di seluruh badan secara cepat, antara lain:

  1. Hindari menggaruk area yang gatal guna mencegah infeksi.
  2. Gunakan pelembap untuk menjaga kelembapan kulit dan mencegah kulit kering.
  3. Hindari mandi terlalu lama, tidak lebih dari lima menit, atau mandi dengan air panas. Hal ini dapat membuat kulit semakin kering dan gatal semakin parah.
  4. Usahakan menghindari pemicu gatal, seperti sabun, deterjen, parfum, stres, atau suhu panas.
  5. Kompres area yang gatal dengan menggunakan kantong es atau kain dingin untuk mengurangi peradangan.

Gatal-gatal di seluruh badan yang ringan umumnya akan mereda dengan sendirinya. Namun, jika gejala tetap berlanjut, segera hubungi dokter terdekat guna mendapatkan penanganan yang tepat. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: