Vaksinasi Tahap Kedua, Pemkab Magelang Targetkan 7000 Sasaran

BNews–MUNGKID-– Proses Vaksinasi tahap kedua ini Pemkab Magelang menargetkan sebanyak 6000-7000 sasaran dengan dua kali suntikan. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelan, Retno Indriastuti disela-sela proses vaksinasi do GOR Gemilang kemarin (24/2/2021).

“Kali ini kita sasarannya 6000 sampai 7000 sasaran dengan dua kali suntikan,” katanya.

Ia mengungkapkan bahwa proses vaksinasi sudah dimulai sejak hari Selasa 23 Februari 2021 dan ditargetkan dalam waktu seminggu ini selesai. “Pelaksanaan vaksinasi tahap kedua sudah dimulai sejak kemarin di tempat-tempat pelayanan kesehatan, klinik, puskesmas. Dan tempat terpusat seperti ini (RED: GOR Gemilang),” imbuhnya.

Retno mengaku pada tahap kedua ini mungkin belum semua sasaran bisa menerima vaksinasi. Hal ini dikarena disesuaikan skala prioritas terlebih dahulu.

“Kali ini prioritasnya para tenaga pelayanan publik yang ketemu langsung dengan masyarakat. Seperti ASN di beberapa OPD, TNI Porli, Wartawan, Tokoh Agama dan Masyarakat, wartawan; Atlet. Namun karena jumlah vaksin yang kita terima baru segini jadi ya mohon pengertian dan kesabarannya. InsyaAllah nanti akan menerima vaksin,” paparnya.

Retno berharap kedepen, Pemkab Magelang dapat kiriman kembali vaksin dari provinsi. “Ya saya harap kedepannya kita segera menerima vaksin kembali agar bisa melanjutkan ke tahapan-tahapan berikutnya sesuai dengan sasaran yang kita data,” harapnya.

Retno menyampaikan juga untuk proses vaksinasi atahap kedua ini ditargetkan seminggu akan selesain. “Hal ini karena nantinya akan terulang lagi, maksudnya suntik yang kedua setelah setengah bulan kembali. Dan setelah itu akan turun vaksin lagi untuk sasaran berikutnya,” ujarnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Dia juga meminta bagi yang sudah terjadwal untuk dipenuhi dan dipatuhi jadwal vaksinasinya. “Hal ini dikarenakan agar tidak mempengaruhi jadwal yang lain,” pintanya.

Terkait vaksinasi untuk lansia yang seharusnya masuk pada tahap kedua ini, Retno mengaku memang belum bisa terlaksana. Hal tersebut dikarenakan vaksinnya belum ada.

“Jadi kita memang sesuai prioritasnya terlebih dahulu. Lansia harusnya memang tahap ini, tetapi karena vaksin belum ada jadi nanti ke tahap berikutnya sambil menunggu vaksin. Seperti tahap kepada kelompok pelaku ekonomi dan masyarakat lain,” tuturnya.

“Kali ini kita baru teriama 1200 vial dengan 12000 dosis. Itu untuk suntik dua kali sasaran tahap kedua,” tegasnya.

Retno mengaku pihaknya menarget hingga Desember tahun 2021 ini akan selesai proses vaksinasinya. “Kita targetkan satu tahun ini, hingga Desember vaksinasi selesai. Dengan target 800 ribu sasaran di Kabupaten Magelang dapat tervaksin semuannya,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: