Keren…Pelajar MTS Negeri Magelang Gelar Pemilihan Ketua Osis Berbasis Komputer

BNews–KOTA MAGELANG– MTs Negeri 1 Magelang menggelar “Pesta” demokrasi yaitu pemilihan ketua OSIS masa bakti 2019-2020 dengan sistem pemilihan menggunakan komputer (e-Vote), Selasa (24/9). Kegiatan yang digelar di Laboratorium Komputer bertujuan untuk memberikan pendidikan demokrasi dan pengetahuan sejak dini tentang penggunaan komputer kepada siswa.


Sebelum e-Vote dilaksanakan, para kandidat menyampaikan visi dan misi mereka di depan para siswa pada hari Senin (23/9) setelah upacara. Para kandidat berorasi dengan semangat dan diikuti yel-yel yang menarik sehingga membuat para pemilih antusias.

Selain itu panitia penyelenggara pemilihan OSIS yang terdiri dari dewan guru juga menjelaskan tentang tata cara pemilihan menggunakan e-Vote yang berbeda dari tahun sebelumnya.
Pemilihan ketua OSIS menggunakan sistem e-Vote dipilih untuk mengajarkan siswa agar lebih mencintai lingkungan dengan menghemat kertas, disamping itu sistem e-Vote juga memberikan hasil yang cepat dan akurat.


Kepala MTsN 1 Magelang, Gunartomo mengatakan pemilihan Ketua OSIS merupakan kegiatan rutin tahunan di MTsN 1 Magelang. “Untuk tahun ini agak sedikit berbeda yang dulunya menggunakan kertas, sekarang beralih menggunakan komputer,” katanya.

“Hal ini bertujuan memberikan pendidikan demokrasi, mencintai lingkungan dan mengenalkan siswa-siswi sejak dini tentang komputer,” Imbuhnya.

Sementara waka kesiswaan, Edi Muhd Muhtar kegiatan pemilihan ketua OSIS diawali penjaringan calon, seleksi, pemaparan visi misi dan proses pemilihan. “Serangkaian proses pemilihan ketua OSIS hanya membutuhkan waktu selama tiga hari dan kegiatan berjalan lancar,” ungkapnya.

Dijelaskan pula untuk tahun ini terdapat tiga kandidat yang terpilih yang berasal dari program khusus dan regular. Ketiga calon tersebut yaitu urutan pertama Vika dan Fajrul, selanjutnya Wakhid dan Nayla, dan terakhir Rusyda dan Dhana.


“Ketiga calon ketua dan wakil ketua OSIS kemudian diberi kesempatan membentuk tim sukses dan kampanye,” jelasnya.

Edi mengungkapkan bahwa Tim sukses bertugas menyusun program dalam rangka tampil dihadapan siswa dan guru untuk melakukan presentasi tentang OSIS. “Sedangkan kampanye dilakukan dengan memasang poster dan yel-yel atau lagu,” ungkapnya.


“Jumlah pemilih sebanyak 977 siswa dan 71 guru, pada periode ini dimenangkan oleh paslon nomor dua yaitu Wakhid dan Nayla dengan perolehan 568 suara,” papar Edi.


“Kegiatan ini penting sekali sebab siswa kedepan juga akan jadi pelaku pemilu. Siswa nanti punya hak memilih dan dipilih saat dewasa dalam mengikuti pemilu. Terpenting juga pemilihan ketua OSIS mengajarkan tentang pesta demokrasi mencari sosok pemimpin,” tegasnya.

“Tidak kalah penting untuk menanamkan karakter siswa tentang rasa legowo menerima kekalahan dan tidak sombong saat meraih kemenangan,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: