VIRAL !!! Cuitan Foto Tumpukan Sampah Di Jalur Pendakian Merbabu Via Magelang

BNews–MAGELANG– Viral sebuah kicauan akun twitter yang menunjukan tumpukan sampah di jalur pendakian via Magelang. Sontak hal itu menjadi perhatian warganet kemarin.

Cuitan tersebut ditwittekan oleh akun @cyapila pada kamis 3 Maret 2022 sekitar pukul 15.11 wib. Dimana ia membuat thread cuitan di akun twitternya.

Pertama dirinya menunjukan foto tumpukan sampah tang berada di pos 2 jalur pendakian Gunung Merbabu via Suwanting Kecamatan Sawangan Kabupaten Magelang. Diduga tumpukan sampah tersebut merupakan tinggalan dari pendaki sebelumnya.

“Halo pendaki, tolong kalau naik gunung bawa kembali sampahmu. Kalau cuma bisa mengotori gunung mendingan diam di rumah aja.  Foto: Gunung Merbabu via Suwanting (Pos 2) 2 Maret 2022,” tulisnya memberikan keterangan dalam foto tersebut.

Adapun hingga Jumat (4/3, pukul 13.30 WIB unggahan itu sudah di-retweet oleh 5.294 akun dan disukai oleh 20 ribu pengguna lain.

Akun twitter yang memiliki nama Famega Syavira Putri mengatakan dia melakukan pendakian di Gunung Merbabu melalui pos pendakian Suwanting pada Selasa (1/2)  turun, Rabu (2/3). Sampah tersebut ditemukan di pos 2.

“Foto itu di pos 2. Cuman kalau yang kecil-kecil itu ada di sepanjang perjalanan. Di pos 2 itu yang paling banyak numpuk,” kata Fame , Jumat (4/3/2022). dikutip detikjateng.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Ia mengakui, pendakian di Gunung Merbabu itu baru kali pertama kali dilakukannya. Kemudian, naik dan turun melalui Basecamp Suwanting, Kabupaten Magelang.

Saat dia turun dari pendakian, tidak ada petugas yang memeriksa barang bawaan para pendaki, termasuk pendaki yang tidak membawa sampahnya.

“Kalau itu nggak ada sih (check point). Nggak ada yang memeriksa barang-barang bawaan juga. Naik nggak ada, pas turun juga nggak ada,” ujar Fame yang tinggal di Kota Magelang, itu.

Terkait dengan foto sampah yang viral tersebut, Kasubag TU Balai Taman Nasional Gunung Merbabu, Johan Setiawan mengatakan, foto sampah tersebut menjadi catatan bagaimana pengelolaan sampah di Suwanting.

“Siang ini kami mau melakukan evaluasi terkait dengan pelaksanaan pembukaan jalur disana dengan masyarakat,” kata Johan. (*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!