Viral, Kilat Terjadi di Merapi Tadi Pagi

BNews—MAGELANG—Viral di media sosial video yang menampilkan kilat dan suara guruh yang beberapa kali tampak di sekitar lereng Gunung Merapi, Senin (11/1/2021) pagi.

Beberapa media sosial mengunggah video tersebut yang salah satunya yakni akun instagram @merapi_uncover. Dalam unggahan video selama beberapa detik tersebut memperlihatkan adanya kilat di sekitar lereng Gunung Merapi.

”Isuk2 diweruhi kilat berulang kali terjadi hanya di belakang merapi lurd (pagi-pagi diperlihatkan kilat berulang kali terjadi hanya di belakang merapi lurd),” tulisan dalam unggahan tersebut.

Sementara itu, Anggota Lembaga Penanggulangan Bencana Daerah (LPBD) Kecamatan Dukun, Yudo Wasito menjelaskan, cuaca di sekitar puncak merapi pagi tadi (11/1/2021) memang mendung disertai kilat.

Menurutnya, suara guruh dan kilat yang didengar oleh warga tak terjadi di pucak atau titik erupsi Merapi. Guruh dna kilat tersebut hanya disebabkan kondisi cuaca biasa.

”Pagi tadi di sekitar Merapi memang mendung dan ada kilat. Jadi tidak ada hubungannya dengan guguran lava pijar atau erupsi. Sejauh ini masih aman,” kata Yudo, Senin (11/1/2021). Dikutip dari SuaraJawaTengah.id.

Berdasarkan pengalamannya sebagai relawan Merapi, dia menjelaskan bahwa  saat erupsi biasanya memang sering terlihat kilat. Namun hal tersebut biasanya tampak disekitar kolom letusan atau awan panas.

”Biasanya terjadi di sekitar kolom letusan atau awan panas. Itu akibat tabrakan pecahan batu atau abu yang memuat elektron negatif dan positif. Kalau yang tadi pagi, kilat biasa karena mendung,” pungkasnya. (mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: