Viral Video Parkour Tik Tok di Candi Borobudur

BNews–BOROBUDUR– Viral sebuah video aksi parkour beberapa hari terakhir ini di sebuah akun Tiktok. Dimana dalam video tersebut memperlihatkan aksi seseorang melompat kesana kemari menginjak stupa candi.

Video tiktok tersebut beredar luas, yang diketahui pemilik video tersebut akun bernama @olivernordin1. Karena dalam video tiktok tersebut tertulis nama akun tersebut.

Borobudur News mencoba menelusuri akun tiktok @olivernordin1. Ternyata orang tersebut bernama asli Oliver Nordi, dirinya merupakan Professional Parkour athlete asal negara Swedia.

Dalam akun tiktoknya, kami coba menelusuri video aksi parkournya di Candi Borobudur. Dan hasilnya sudah tidak postingan video tiktok tersebut, meskipun video sudah tersebar luas.

Kami coba juga menelusuri akun instagramnya dengan nama yang sama @olivernordin1 dan channel youtubenya. Disana dirinya memang melakukan parkour di Indonesia yang di upload 25 Januari 2020 kemarin.

Kalau dalam video di youtube dengan judul “REMARKABLE RUIN RUNNER”, tampak dirinya parkour di Situs Warungboto, Yogyakarta.

Namun terkait video aksi parkournya di Candi Borobudur belum diketahui kejadian itu kapan direkam. Dan hal bakal menjadi kasus terulang kembali, aksi parkour di Candi Borobudur.

Dimana sebelumnya tahun 2016 juga sempat heboh terkait aksi serupa yang diunggah oleh akun Redd Bull untuk keperluan iklan. Dan dulu Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan saat itu sudah melakukan teguran keras.

Dan kita ketahui semua, bahwa di Candi Borobudur sudah ada larangan menginjak atau memegang stupa bagi pengunjung oleh Balai Konservasi Borobudur. Hal tersebut diterapkan untuk mencegah kerusakan salah satu warisan budaya dunia tersebut. (wan)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: