Wagub Taj Yasin Tinjau Tanggul Jebol di Demak

BNews—DEMAK— Wakil Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Taj Yasin Maimoen meninjau langsung kondisi tanggul jebol. Yang berada di Sungai Tuntang, Desa Sumberejo, Kecamatan Bonang, Kabupaten Demak pada Senin (25/1/2021).

Taj Yasin menyebut hal itu karena intensitas hujan yang tinggi di daerah tersebut. ”Ini karena intensitas hujan di daerah Demak tinggi, kemudian airnya meluap dan menggenangi areal pertanian dan permukiman warga,” ujarnya.

Dia menyebut bahwa pemerintah tidak melarang warga memanfaatkan bantaran sungai untuk bercocok tanam. Dengan catatatan, tetap memperhatikan kondisi lingkungan. 

”Kita lihat banyak pohon pisang di bantaran sungai. Memanfaatkan bantaran sungai diperbolehkan, tapi jangan sampai tumbuhan yang ada di bantaran sungai menghalangi aliran air sungai,” pintanya. 

Lebih lanjut, Taj Yasin menyampaikan bahwa Pemprov Jateng dan Pemkab Demak akan bekerja sama untuk mengatasi tanggul jebol tersebut.

“Kami segera berkoordinasi dengan BBWS (Balai Besar Wilayah Sungai) mengenai apa saja yang harus segera ditangani,” terangnya.

Selain peninjauan, Taj Yasin yang didampingi istri, Nawal Nur Arafah Yasin juga menyerahkan bantuan berupa beras, mi instan, dan minyak kayu putih kepada warga terdampak banjir.

Sementara itu, Kepala Desa Sumberejo, Misbahul Munir menyebut, ratusan hektar sawah yang padinya siap panen mengalami puso (gagal panen) akibat diterjang air sungai bercampur rob yang menggenang sejak awal tahun 2021.

“Banjir di pemukiman penduduk sudah surut. Sedangkan di areal pertanian di dekat sungai sampai sekarang belum surut. Petani mengalami puso karena sampai sekarang tanaman padi terendam banjir,” terangnya.

Tambah dia, sebelumnya ada 250 rumah warga di tiga desa yakni Desa Sumberejo, Kembangan, dan Karangrejo Kecamatan Bonang yang ikut tergenang. Selain itu, jembatan di Desa Sumberejo yang merupakan penghubung Kecamatan Bonang dan Karangtengah juga roboh akibat peristiwa itu. (lhr/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: