WAJIB DIKUNJUNGI !!! Puncak Argapuro Ketep Pass, Sajikan Kuliner Dan View Istimewa

BNews–MAGELANG– Ada tempat nongkrong baru yang menarik untuk dikunjungi bersama keluarga maupun orang kesayangan di wilayah Kabupaten Magelang. Namanya adalah “Puncak Argapura Ketep Pass”.

Tempat tersebut merupakan lokasi baru yang berada di dekan kawasan pariwisata Ketep Pass Sawangan kabupaten Magelang. Tentunya diketahui bersama area tersebut dikelilingi  oleh hutan, pegunungan serta lahan pertanian.

Di Puncak Argapura tersebut, pengunjung bisa melihat gagahnya Gunung Merapi dan Merbabu yang tampak dekat. Tentunya jajaran gunung dan pegunungan lainnya seperti Andong, Sumbing, Sindoro, dan Menoren juga tampak karena lokasinya berada pada ketinggian 1200 s.d 1600 mdpl.

Lokasi tepatnya di Jalan Sawangan-Banyuroto, dari obyek wisata Ketep Pass naik sedikit berada di krii jalan. Dan tentunya kawasan tersebut memiliki suhu udara rata-rata antara 16-20 C. dengan curah hujan sebesar 316,25 mm/tahun. 

Puncak Argapura terbentuk dari keindahan lanskap buatan yang memperlihatkan pola keteraturan sebuah tempat kuliner – jeep adventure dan berkemah modern. Dan uniknya lagi, lokasi tersebut berbalut keindahan seni arsitektur bali yang dihadirkan diantara pesona hutan pegunungan dan pertanian.

Puncak Argapura adalah pilihan  guna melepas rutinitas kehidupan kota modern dengan kegiatan camping, outing, edukasi, adventure , kuliner, dan wisata minat khusus. Tentunya berbalut petualangan dalam nuansa kaki Taman Nasional Gunung Merbabu (TNGMerbabu) dan sebagai penyangga destinasi wisata Ketep Pass

Dengan memiliki luas kawasan sebesar + 1800 M2, Puncak Argapura didesain sebagai Miniatur pura taman ayun Bali. Pengembangan kawasannya didekati oleh pendekatan ekologis (ecological approach) dan  wisata ramah.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Hal ini untuk memberikan kenyamanan kepada para pengunjung dalam melakukan aktivitas wisata minat khusus berbasis budaya, petualangan, kuliner dan spot Selfi. Sekaligus turut serta dalam melestarikan lingkungan hutan pegunungan. Yang unik dipuncak Argapura adalah 95% karyawanya merupakan masyarakat dusun lokal

Selain tempat berkemah, dalam kawasan ini terdapat Ketep pass, air terjun Kedung kayang , jalur interpretasi untuk wisata edukasi, rute hiking/trekking; Jeep adventure,  jalur Tol khayangan, kuliner ndeso atau tempat ngopi dalam suasana pegunungan, serta jurang Ratapan

Jurang Ratapan merupakan rumah bagi ribuan jangkrik yang mendiami kawasan puncak Argapura. Jangkrik merupakan satu dari banyak keragaman fauna yang dipertahankan populasinya untuk konservasi, kepentingan pariwisata (wisata minat khusus); penelitian dan pendidikan.

Selain jangkrik, di puncak Argapura terdapat binatang lainnya sebagai satwa penciri kawasan, yaitu monyet kra / monyet ekor panjang (macaca fascicularis); burung kutilang, burung cendet, burung elang jawa, tupai tanah (tupaia tana), ayam alas dan beragam jenis satwa. Dan semuanya tetap terjaga ,  dilestarikan dan di pertahankan habitatnya.

Pesona lanskap alam bentukan formasi bumi, panorama perbukitan, tata bangunan khas bali, formasi patung dewa, replika candi. Ada juga vegetasi hutan pegunungan bawah yang didominasi oleh pinus merkusii, puspa (schima wallichii), alpokat , terap (artocarpus odoratissimus); sebagai tegakan dan kaliandra (calliandra) sebagai pohon semaknya merupakan daya dukung lingkungan untuk beragam aktivitas alam.

Keragaman flora lainnya yang menyebar dalam kawasan adalah pisang hutan (musa balbisiana); sepatu filum (spathiphyllum); pacing (costus spicatus); pakis-pakisan (lycopodiopsida), liana; pakis haji (cycas); begonia (Begoniaceae); tepus, muncang, flamboyan (delonix regia), pohon buah-buahan seperti nangka, muncang, jambu air, limus, kopi, dan lain sebagainya. (bsn

LOKASI :

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: