Wujudkan Pelayanan Dengan Teknologi, Polres Magelang Hadirkan Program Cashless dan SKCK Door to Door

BNews—MAGELANG— Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Lutfhi meresmikan program Cashless Polres Magelang dan SKCK Door to Door pada Kamis (25/2/2021) pagi. Acara yang digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ini dilaksanakan di Halaman Apel Polres Magelang.

Dalam sambutannya, Lutfhi mengatakan bahwa program tersebut sebagai tindak lanjut program Kapolri nomor enam. Yaitu memberikan pelayanan yang mudah kepada masyarakat dengan menggunakan media teknologi elektronik.

”Tentu ini menjadi trobosan kreatif yang perlu dikembangan di daerah lain. Program ini tepat manakala situasi seperti saat ini yakni pandemi Covid-19,” katanya.

Dengan adanya program transaksi tanpa bersentuhan dengan masyarakat ini, kata Lutfhi, tentunya mampu meminimalisir kerumuman. Serta menghindari masyarakat untuk membawa uang cash yang bisa berpotensi menimbulkan kriminalitas.

”Kemudian program SKCK Door to Door. Kita menjemput bola. Dengan adanya program ini tentunya anggota Polres Magelang mau tidak mau dituntut memberikan pelayanan yang terbaik ditengah-tengah masyakarat,” ujar dia.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Lebih lanjut, Lutfhi menyampaikan bahwa program ini juga sebagai ajang mendidik Polri untuk membuka public complain.

”Besar kecilnya Polri itu ditentukan oleh masyarakat sekitar. Kita sudah siap dikritik ibaratnya kita ini di akuarium jadi masyakarat boleh melihat, menikmati dan ikut serta serta memberikan masukan. Tentu ini saya sangat apresiasi,” imbuhnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Dia pun berpesan agar Polres Magelang melakukan sosialisasi terkait program Cashless Polres Magelang dan SKCK Door to Door tersebut. Menurutnya, bila secanggih apapun teknologi yang digunakan namun tanpa sosialisasi maka hal itu hanya akan menjadi antik di masyarakat.

”Mulai hari ini segera membentuk tim sosialisasi. Sosialisasikan kepada masyarakat kalau perlu pakai woro-woro,” pesan dia.

Kapolres Magelang, AKBP Ronald Purba menambahkan, ditengah pandemi Covid-19 ini diperlukan terobosan atau inovasi kreatif untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dengan tetap produktif namun tetap aman dari virus corona.

”Program ini merupakan terobosan kreatif yang mudah-mudahan bisa berkembang ditempat lain. Dimana kami berusaha mengamankan masyarakat. Jadi tidak ada lagi transaksi tunai dalam proses pelayanan yang kita kenal dengan cashless. Ini juga untuk meminimalisir adanya pungli. Begitu juga dengan SKCK Door to Door, kami memberikan pelayanan dengan langsung mendatangi rumah masyarakat,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: