11 Tips Mudah Memotret Objek Agar Terlihat Lebih Keren

BNews—TIPS— Di kehidupan modern seperti sekarang ini, rasanya setiap hari kita tidak terlepas dari yang namanya memotret. Entah untuk sekedar mengabadikan momen ataupun sebuah pekerjaan.

Kita pun tidak harus menggunakan kamera untuk memotret. Sebab dengan dukungan teknologi, kini bisa memakai smartphone.

Lantas, bagaimana cara mengambil foto yang bagus dengan kamera apa saja?

berikut ini adalah beberapa tips fotografi yang Borobudurnews lansir dari blog.arfadia.com.

Jangan Hanya Sekedar Mengambil Foto

Jangan sekedar hanya mengambil foto tetapi ‘buatlah’ foto. Buat rencana seperti apa gambar yang ingin diambil. Tidak peduli apapun objek yang dipotret, Anda tentu akan merasa sangat bangga saat berhasil memperoleh foto yang bagus.

Perhatikan Latar Foto

Selama ini banyak orang yang hanya fokus pada objek foto yang dibidik. Padahal, background atau latar juga memiliki peranan yang sama penting dengan fokus utama objek. Jadi pastikan Anda tetap memperhatikan latar tersebut karena ini juga sama-sama penting sebagai fokus utama foto yang dibuat.

Membangun Hubungan Dengan Subjek

Membangun hubungan atau chemistry dengan subjek foto merupakan hal yang tidak kalah penting untuk diperhatikan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengajak subjek berinteraksi misalnya mengobrol. Jika Anda tidak memahami bahasa mereka, cobalah menggunakan gesture. Ketika Anda memiliki hubungan dengan subjek, tentu Anda akan lebih mudah untuk menghasilkan gambar yang luar biasa.

Melatih Kepekaan Situasional

Hal ini perlu Anda lakukan untuk mengantisipasi berbagai hal atau kejadian mendadak yang mungkin terjadi. Contohnya saat Anda memotret area salju dan ski, Anda dapat mengambil gambar sebelum ada badai salju.

Jangan Tergesa-gesa

Untuk mendapatkan hasil foto yang baik, Anda harus sabar. Mulailah dengan merencanakan gambar kemudian bidik dan ambil gambar sesuai dengan momen yang dinantikan. Membidik gambar di momen yang tepat tentu akan memperoleh hasil yang memuaskan.

Buat Foto yang Penuh Kenangan

Seorang fotografer bercerita melalui hasil foto bidikannya. Sebuah foto yang hebat akan terlihat saat Anda sangat menyukai foto tersebut karena sisi estetika dan juga makna yang ada di dalamnya.

Menangkap Pergerakan Gambar

Saat mengambil subjek yang bergerak, Anda akan membuat gambar itu terlihat membeku. Anda perlu melihat background agar terlihat bergerak sehingga pergerakan dan kecepatan benda dapat terlihat.

Mengomposisikan Subjek

Komposisi menjadi hal yang mendasar dalam dunia fotografi yaitu tentang bagaimana Anda menempatkan subjek foto di bidang foto. Para fotografer pemula biasanya menempatkan foto di tengah bidang foto. Untuk mendapatkan foto yang bagus justru sebaiknya subjek tidak selalu di tengah.

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah membuat grid atau garis imajiner yang membagi bidang foto secara vertikal dan horizontal menjadi tiga bagian. Penempatan subjek foto dengan sepertiga bagian luar grid akan membuat foto terkesan lebih dinamis

Sesuaikan Tinggi Kamera Dengan Mata Subjek

Cara mengambil foto yang bagus selanjutnya adalah hindari memotret sambil berdiri ketika subjek yang difoto lebih rendah dibandingkan Anda. Misalnya ketika memotret anak kecil, Anda sebaiknya agak membungkok atau berjongkok sehingga posisi kamera memiliki tinggi yang sama atau sejajar dengan pandangan mata anak tersebut.

Memanfaatkan Flash

Flash dalam beberapa kondisi mampu meningkatkan kualitas foto yang dihasilkan. Flash tidak hanya efektif digunakan untuk memotret di tempat gelap tetapi juga dapat digunakan di siang hari yaitu untuk mengatasi bayangan pada subjek foto manusia misalnya bayangan di mata atau hidung.

Mencari Sudut yang Menarik

Jangan selalu terpaku dengan pengambilan foto dari satu sudut saja. Anda juga harus bereksperimen dengan cara mengambil foto dari berbagai sudut yang berbeda. Pilihlah tempat yang memungkinkan Anda berada di posisi yang lebih rendah atau lebih tinggi.

Sebagai contoh, gunakan tangga atau kursi untuk sudut pemotretan yang lebih tinggi. Untuk mengambil foto yang rendah, Anda dapat berbaring di lantai. Variasi sudut pengambilan foto tersebut akan memudahkan Anda untuk menemukan hasil foto terbaik.

Itulah beberapa tips mengambil foto yang bagus, sehingga momen tertentu dapat diabadikan dengan baik dan terlihat lebih menarik. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

%d blogger menyukai ini: