1500 Personil Amankan Prosesi Waisak

BNews—MUNGKID— Sebanyak 1500 personil amankan prosesi Waisak 2363 BE/2019. Personil tersebut terdiri dari Personil Polres Magelang , BKO Polda, TNI dan elemen Lintas sektoral.

Kapolres Magelang AKBP Yudianto Adhi Nugroho saat memimpin berjalannya Rapat Koordinasi pengamanan menyampaikan bahwa pihaknya harus ikut serta mengsukseskan hari raya umat budha ini khususnya dari segi keamanan. “Situasi saat ini dalam kondisi kondusif tidak seperti kemarin waktu pasca kejadian Rohingnya beberapa tahun lalu, serta kepanitiaan untuk saat ini langsung dipimpin oleh Ketua Umum DPP Walubi yakni S Hartarti Murdaya,” katanya.

Melihat acara puncak waisak dilangsungkan dikawasan Candi Mendut dan Borobudur, maka keamanan dalam hal ini dibawah Polres Magelang. “Maka dengan rakor lintas sektoral ini masukan dan gagasan kita bahas,” imbuhnya.

Sementara Kepala Bagian Operasi Polres Magelang Kompol Ngadiso dalam peparannya diantaranya menyampaikan bahwa kerawanan keamanan diantaranya adalah ancaman sabotase dan teroris. “Ada kemungkinan aksi terorisme sebagai aksi balasan yang dilakukan oleh penduduk myanmar terhadap masyarakat muslim Rohingny, oleh sebab itu kita tetap perlu antisipasi,”paparnya.

Fokus pengawasan tentunya diarea kerumunan massa dan tempat peribadatan umat. “Untuk akses jalur tentunya disekitaran jembatan elo dan progo serta di lokasi parkir candi Mendut dan candi Borobudur, Dan untuk obyek stupa candi Borobudur tentunya juga menjadikan perhatian tersendiri dengan kaitanya pengamanan,” jelasnya.

Adapun rangkaian waisak tahun ini sesuai roundown panitia diawali dengan Baksos pengobatan gratis mulai Hari Selasa – Rabu, tanggal 14 Mei sampai 15 Mei 2019. Sedangkan acara Pengambilan air suci dimulai pada hari Kamis 16 Mei 2019, Pengambilan api alam /api abadi pada hari Jumat 17 Mei , dan Pindapatta dan prosesi waisak Sabtu 18 Mei 2019 dari candi Mendut dan Detik detik Waisak Hari Minggu 19 Mei 2019. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: