Selain Berdoa Dan Berusaha, Ini 3 Amalan Memperlancar Mencari Rezeki

BNews–MAGELANG– Hal yang umum dan wajar, dimana setiap orang pasti ingin mendapatkan rezeki yang melimpah dari Allah SWT. Rezeki bisa dalam bentuk materi, kesehatan, maupun orang-orang baik di sekitar kita.

Ternyata, ada tiga amalan sederhana ini dipercaya para ulama dapat melancarkan rezeki.

Dikutip dari berbagai sumber, tiga amalan tersebut adalah menjalankan salat dengan baik dan benar, menjalankan salah Dhuha; dan membaca Surat al-Insyirah seperti ditulis Syekh al-Zarnuji dalam kitab Ta’limul Muta’allim.

Jadi selain berdoa dan berusaha, tiga amalan ini dipercaya umat muslim mampu mempelancar mencari rezeki setiap harinya. Berikut amalannya :

1. Salat yang Baik dan Benar

Shalat khusyu dengan menyempurnakan rukun, wajib, sunnah, dan adab-adab shalat. Shalat merupakan ibadah yang paling penting dan utama. Dengan mendirikan shalat, seseorang berarti telah menjalankan salah satu perintah Allah. Orang-orang yang menjalankan perintah Allah itu adalah mereka yang bertakwa.

Allah menjanjikan akan memberikan rezeki dari berbagai arah yang tidak pernah diduga. Allah berfirman dalam Surat Ath-Thalaq ayat 2-3:

“Fa i balagna ajalahunna fa amsikhunna bima’rfin au friqhunna bima’rfiw wa asy-hid awai ‘adlim mingkum wa aqmusy-syahdata lillh, likum y’au bih mang kna yu`minu billhi wal-yaumil-khir, wa may yattaqillha yaj’al lah makhraj. Wa yarzuq-hu min aiu l yatasib, wa may yatawakkal ‘alallhi fa huwa asbuh, innallha bligu amrih, qad ja’alallhu likulli syai`ing qadr.”

Yang artinya “Maka apabila mereka telah mendekati akhir idahnya, maka rujuklah (kembali kepada) mereka dengan baik atau lepaskanlah mereka dengan baik dan persaksikanlah dengan dua orang saksi yang adil di antara kamu dan hendaklah kamu tegakkan kesaksian itu karena Allah. Demikianlah pengajaran itu diberikan bagi orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan membukakan jalan keluar baginya, dan Dia memberinya rezeki dari arah yang tidak disangka-sangkanya. Dan barangsiapa bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan-Nya. Sungguh, Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.”

2. Melaksanakan Salat Dhuha

Selain salat khusyuk, salat dhuha juga dianjurkan untuk mempermudah datangnya rezeki. Sebab, salah satu keutamaan shalat dhuha adalah mendatangkan dan mencukupkan rezeki.

Rasulullah SAW bersabda: “Wahai anak Adam, janganlah engkau luput dari empat rakaat di awal harimu, niscaya aku cukupi untukmu (kebutuhan) di akhir hari itu.” (HR Ahmad).

Adapun jumlah rakaat shalat dhuha minimal dua rakaat dan maksimal 12 rakaat yang dikerjakan mulai matahari sudah naik dan habis waktunya saat matahari tepat berada di tengah langit.

Di akhirat nanti orang yang sering salat dhuha akan dimasukkan ke surga melalui Babudh Dhuha atau Pintu Dhuha.

3. Membaca Surat al-Insyirah

Surat al-Insyirah juga dikenal sebagai surat yang memiliki manfaat untuk membuka rezeki dan mempermudah urusan. Ada beragam cara pengamalan surat ini, di antaranya dibaca setiap selesai shalat fardhu satu kali. Bisa juga dibaca sembilan kali setelah shalat fardhu atau 40 kali usai shalat fardhu selama tujuh hari berturut-turut. (*)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: