20 Kelompok Kesenian Tradisional Diresmikan Di Citrosono Culture Festival 2022

BNews–MAGELANG– Sebanyak 20 kelompok kesenian tradisional se-Desa Citrosono Kecamatan Grabag kabupaten Magelang diresmikan dalam acara Citrosono Culture Festival. Dimana acara tersebut digelar bersama rangkain pentas seni, Bazzar UMKM dan Lomba Tumpeng (26/7/2022).

Kepala Desa Citronoso, Wahyudin mengaku bangga  atas terselenggarakannya acara tersebut. DImana kegiatan ini berhasil berlangsung berkat kerja sama dengan Manunggal Karang Taruna Desa; BUMDES, serta lembaga lainnya.

“Semoga Desa Citrosono mendapat dukungan penuh dari pejabat terkait. Agar Citrosono dapat lebih maju dengan meningkatkan kebudayaan dan perekonomian desa. Tentunya melalui acara Citrosono Culture Festival ini yang terselenggara mulai tanggal 27-29 Juli 2022,” katanya.

Sebanyak 20 kesenian tersebut diresmikan dan sudah terdaftar di Disdikbud Kabupaten Magelang. “Semoga nantinya dalam berkesenian ini untuk membesarkan bangsa dan negara. Perlu diingat bahwa berkesenian juga tidak boleh boleh meninggalkan Pancasila,” tegasnya.

Sementara Bupati Magelang Zainal Arifin diwakili Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Magelang mengatakan kegiatan ini sangat penting. Tentunya sebagai upaya melestarikan seni dan budaya lokal, serta mengoptimalkan bakat seni generasi muda.

“Parawisata memiliki karakteristik pelestarian alam budaya dan seni. Semakin dilestarikan maka akan mensejahterakan masyarakat di sekitar lokasi pariwisata,” katanya.

Selain itu, alnjutnya festival ini akan membangkitkan dan menggairahkan kesenian lokal. Serta menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menjaga dan melestarikan adat budaya serta kearifan lokal.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Budaya merupakan identitas bangsa yang harus dihormati, dijaga, dan dilestarikan. Serta menjadi warisan bagi anak cucu kelak,” tambahnya.

Ia berharap dari kegiatan ini dapat diambil nilai luhur yang terkandung didalamnya untuk diejawentahkan dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi generasi muda.

“Tentuhya agar tidak terpengaruh ke budaya asing yang bernilai negatif.  Sehingga kelak akan lahir generasi muda yang berjiwa seni dan berkepribadian baik,” harapnya. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!