254 Taruna Akmil Diwisuda, Ini Dua Prajurit Lulusan Terbaik

BNews—MAGELANG—Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa hadir dalam penutupan Pendidikan dan Wisuda Taruna/Taruni Akmil Tingkat IV tahun ajaran 2019/2020. Upacara penutupan dilakukan di Lapangan Pancasila Akmil Magelang, hari ini (06/07/2020).

Sebanyak 254 orang Tingkat IV menjalani wisuda sarjana yang terdiri dari 234 Taruna dan 20 Taruni. Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan adanya pandemi Covid-19 saat ini, upacara berlangsung lebih sederhana.

Kasad Jenderal TNI Andika menuturkan bahwa ke-254 wisudawan tersebut akan dilantik sebagai Perwira oleh Presiden Joko Widodo pada 16 Juli 2020 mendatang. Selanjutnya, mereka akan mengikuti penataran intelejen dan penataran sebagai pelatih sebelum nantinya ditempatkan di berbagai kesatuan.

”Setelah penataran, Taruna dan Taruni akan menduduki jabatan Danton dan setingkatnya. Baik di satuan Tempur, satuan Banpur maupun satuan Banmin dan akan ditempatkan di jajaran TNI AD di seluruh penjuru tanah air Republik Indonesia,” tuturnya.

Dalam rangkaian Upacara Penutupan Pendidikan tersebut, Kasad juga memberikan penghargaan kepada Taruna dan Taruni yang menjadi peraih terbaik. Yakni Adi Makayasa kepada Sermatutar Angga Andhika Yudha dengan prodi Manajemen Pertahanan Korp Infantri yang merupakan lulusan SMA Taruna Nusantara Magelang.

Sementara Anindya Wiratama kepada Sermatutar Heny Puspitasari dengan prodi Administrasi Pertahanan dengan Corp Perbekalan dan Angkutan. Berasal dari sekolah SMAN 1 Toroh, Grobogan.

Pada bagian lain, Kasad menjelaskan bahwa pada tahun 2020, Angkatan Darat menerima alokasi anggaran Rp 56 triliun. Dari anggaran tersebut, dipangkas Rp 4 triliun untuk penanganan Covid-19.

Pemangkasan anggaran sendiri bukan pada belanja pegawai, melainkan belanja barang dan belanja modal yang terkait Alutsista. ”Misalnya pembelian senjata perorangan dan banyak lagi. Mudah-mudahan situasinya cepat berakhir sehingga tahun depan kita punya anggaran yang lebih normal,” jelasnya.

Download Musik Keren Disini

Sementara itu, yang hadir dalam acara tersebut antara lain Danjen Akademi TNI Letnan Jenderal TNI (Mar) Bambang Suswantono, Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, Dankodiklat TNI AD Letnan Jenderal TNI Anto Mukti Putranto.

Kemudian Gubernur Akmil Mayjen TNI Dudung Abdurachman, Aspers Kasad Mayor Jenderal TNI Heri Wiranto, Wakil Gubernur Akademi Militer Brigjen TNI I Gde Agit Tomas dan pejabat tinggi TNI lainnya, Pejabat Distribusi Akademi Militer dan Para Gumil, Dosen dan Pengasuh serta 254 Taruna/Taruni tingkat IV. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: