Patroli Malam, Satpol PP Kota Magelang Dapati 2 Pemuda Sedang Konsumsi Miras

BNews—MAGELANG— Satpol PP Kota Magelang mengamankan dua pemuda yang tengah mengkonsumsi minuman berakohol. Di area taman BKSM Kota Magelang pada Senin (22/3/2021) malam.

Kedua pemuda tersebut berinisial GN, 24, dan WA, 23, yang merupakan warga Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Keduanya diamankan petugas yang sedang berpatroli malam.

”Kita patroli sekitar pukul 20.30 WIB di area Taman BKSM Kota Magelang. Kemudian melihat dua pemuda sedang duduk disalah satu kursi itu tanpa menggunakan masker. Saat ini masih pandemi juga, kita lantas menanyakan kepada keduanya terkait masker,” ujar salah satu anggota Satpol PP Kota Magelang, Adi Surya, Selasa (23/3/2021).

Dia menjelaskan, saat peristiwa itu, dirinya melihat ada dua botol minuman mencurigakan di dekat kedua pemuda tersebut. Kemudian menanyakan kepada meraka dan keduanya mengakui bahwa botol tersebut berisi minuman keras.

”Saya tanya ‘mas apa itu?’ dan mereka menjawabnya itu ‘omben pak (minuman pak)’. Kemudian kami amankan mereka ke kantor. Ternyata setelah kami tanya, keduanya ini tidak membawa identitas diri. Dan HP keduanya, kami tahan sementara,” jelas dia.

”Pagi harinya, mereka datang kembali ke kantor. Kami beri pembinaan setelah itu keduanya membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatannya. Setelah itu HPnya dikembalikan ke mereka,” sambungnya.

Download Aplikasi Borobudur News (Klik Disini)

Kepala Satpol PP Kota Magelang Singgih Indri Pranggana mengatakan bahwa pihaknya tidak serta merta menindak orang yang salah. Jadi lebih mengedepankan persuasif dan humanis.

”Karena keduanya baru pertama kali melakukan tindakan itu di wilayah Kota Magelang, ya kami terapkan secara persuasif. Namun bila nanti kedapatan melakukan untuk kedua atau bahkan ketiga kalinya, kami bisa saja menindak dengan tipiring,” katanya.

Dia menjelaskan, sebelumnya pihaknya juga mendapati sejumlah pelajar di salah satu SMK di Kota Magelang saat hendak mengkonsumsi minuman keras. Lantas mereka diamankan ke Kantor Satpol PP Kota Magelang.

”Belum ada satu minggu ini, petugas patroli mendapati empat pelajar saat hendak mengkonsumsi miras di wilayah Magelang Utara. Lantas kami beri pembinaan dan sanksi sosial agar mereka tidak mengulangi perbuatannya,” ujar dia.

Singgih pun mengatakan bahwa dirinya merasa prihatin dengan masih adanya pelajar/pemuda yang kedapatan mengkonsumsi miras apalagi di tempat umum.

”Kami mengimbau ya jangan ngegampangke (meremehkan). Nikmati fasilitas yang ada di Kota Magelang dengan semestinya. Jangan malah digunakan untuk berbuat sesuatu yang menjurus ke hal yang tidak benar,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: