26 Warga Windusari Keracunan Makanan Hajatan

BNews—WINDUSARI— Sebanyak 26 warga Dusun Mlahar Desa Banjarsari Kecamatan Windusari Kabupaten Magelang mengalami keracunan massal, kemarin sore (3/3). Diduga sumber keracunan dari makanan dalam sebuah hajatan di dusun itu.

Warga tersebut diduga mengalami keracuan makanan yang disajikan dalam acara tersebut. Diketahui dalam acara hajatan tersebut tersaji beberapa jenis makanan antara lain Kue ku merah isi kacang ijo, Sosis, Bakso, Sate Ayam, Semangka, Melon, Daging sapi, Salad, sayur krecek dan Mie.

Salah satu saksi Slamet, 45 menerangkan bahwa acara hajatan mulai jam 14.00 wib sampai pukul 16.00 wib namun setelah itu masih ada yang datang dan makan.” Sekitar pukul 17.00 wib ada beberapa warga merasa mual, pusing dan muntah-muntah,” katanya.

“Awal mula putri dari Lurah Banjarsari mengalami muntah-muntah dan lemes langsung dilarikan ke Rumah Sakit Jiwa Prof.Dr.Soeroyo Kramat Magelang karena diduga keracunan maakanan,” imbuhnya.

Tidak berhenti disitu, selepas pukul 18.00 wib jatuh korban beberapa orang dengan keluhan berbeda-beda dan langsung dilarikan ke RSJ. ”Ada warga yang melapor ke Bidan Desa, dan dilakukan koordinasi dengan perangkat desa untuk mengecek dan mendata korban di RSJ tadi malam,” imbuhnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Magelang, Hendarto menjelaskan saat dilakukan pengecekan awal tujuh orang dan lainnya dilakukan pengawasan dan mendapat suntikan. ”Ternyata korban bervariasi mulai dari anak-anak sampai orang dewasa,dan hingga pulu 00.00 wib tadi malam korban bertambah menjadi 26 orang,” katanya kepada Borobudur News (4/3).

“Korban sudah mengalami perawatan dan pengobatan tadi malam, dan siang ini sudah diperbolehkan pulang semua,” imbuhnya.

Loading...

Pihak Dinas Kesehatan bersama Polsek Windusari, Jajaran Perangkat Desa dan Puskesman sudah melukan koordinasi untuk mendalami kasus ini. ”Kami terus memantau perkembangan korban, dan akan melakukan uji sempel makanan di laboratorium,” paparnya.

“Untuk biaya perawatan semua ditanggung oleh pihak yang memiliki hajat,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: