29 Nakes di Wonogiri Positif Covid-19, Ini Penyebabnya

BNews—WONOGIRI—Sebanyak 29 Tenaga Kesehatan (Nakes) di RSUD Soediran Mangun Sumarso Wonogiri terkonfirmasi positif Covid-19. Hal tersebut disampaikan Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wonogiri, Joko Sutopo (Jekek), hari ini (24/7/2020).

Sebagai informasi, pada Jumat (24/7/2020) ada penambahan 38 kasus terkonfirmasi Covid-19 baru di Wonogiri. Satu hari sebelumnya, (23/7/2020), juga ada tambahan dua kasus baru.

”Penambahan 40 pasien terkonfirmasi positif Covid-19 dalam dua hari tersebut sudah berdasarkan hasil swab,” kata Jekek.

Dia menjelaskan, dari 40 pasien yang terkonfirmasi tersebut 29 diantaranya merupakan nakes di RSUD Soediran Mangun Sumarso Wonogiri. Sedangkan 11 lainnya berasal dari klaster Pondok Pesantren Sempon, Jatisrono, Wonogiri.

”Ke-11 pasien itu adalah orang yang melakukan kontak erat dengan Ustaz Z, yang telah dinyatakan positif Covid-19 sebelumnya,” jelasnya.

DPD PKS Magelang Ramadhan

Klaster di RSUD, kata Jekek, berawal dari dua nakes yang berinisial S dan D. Keduanya terkonfirmasi positif beberapa waktu lalu.

”Diketahui bahwa dua nakes tersebut melakukan kontak erat saat merawat Ustaz Z.  Setelah keduanya positif dengan kasus konfirmasi tanpa gejala, gugus tugas melakukan tracing dan didapat 67 nakes. Dilakukan swab dan hasilnya ada 29 diantaranya positif,” imbuh dia.

Tambah Jekek, saat ini ke-29 nakes tersebut menjalani isolasi di Bangsal Anggrek RSUD Wonogiri. Sementara 11 lainnya dari klaster Ponpes menjalani isolasi mandiri.

“Semua tambahan ini adalah kasus konfirmasi tanpa gejala dan dengan tambahan puluhan orang yang terkonfirmasi positif ini, gugus tugas akan melakukan evaluasi,” pungkasnya. (*/mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: