Bupati Magelang Himbau Masyarakatnya Untuk Tidak Mudik Lebaran Tahun Ini

BNews–MAGELANG– Jelang Hari Raya Idul Fitri 2021, Pemkab Magelang gelar rapat koordinasi (Rakor) Terpadu (29/4/2021). Dimana Bupati Magelang Zaenal Arifin menghimbau masyarakat untuk tidak mudik lebaran kali ini.

Tidak hanya, Bupati juga menekankan masyarakatnya untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan. Yakni selama menjalankan ibadah dan aktifitas di bulan Suci Ramadhan.

Hal ini sesuai dengan Surat Edaran Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021; tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah dan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 selama Bulan Suci Ramadahan 1442 Hijriah.

Serta Surat Edaran Menteri Agama RI No 03 Tahun 2021; tentang Panduan Ibadah Ramadhan dan Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah/2021 Masehi.

“Kami minta surat edaran ini terus di sosialisasikan kepada warga masyarakat di Kabupaten Magelang. Hal ini agar bisa menjadi panduan bagi masyarakat untuk tidak mudik; dan tetap mematuhi protokol kesehatan,” katanya (29/4/2021).

Menurutnya, ada beberapa hal penting lainnya yang perlu menjadi perhatiann dalam rakor kali ini. Antara lain, ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau oleh semua lapisan masyarakat; ketersediaan stok tunai rupiah di bank maupun ATM.

Kemudian keselamatan dan kelancaran lalu lintas yang berkaitan dengan infrastruktur, transportasi beserta kelengkapannya, BBM yang memadai.

Selanjutnya terkait keamanan dan ketertiban lingkungan masyarakat termasuk tempat ibadah, pusat keramaian seperti pasar; mall, obyek wisata serta simpul-simpul transportasi.

“Selain itu juga masalah sosial dan bencana, kewaspadaan dan pengawasan terhadap bahan pangan yang rusak, kadaluarsa; penggunaan bahan berbahaya dan tidak berlabel. Serta penyediaan fasilitas kesehatan yang memadai bagi masyarakat,” imbuhnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: