36 BUMDes Salurkan Bansos Tahap 3 bagi Warga Magelang Terdampak Pandemi

BNews—MUNGKID— Sebanyak 36 Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Magelang ditunjuk Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak covid-19. Penyaluran bantuan berupa kebutuhan pokok ini dilakukan dalam tiga tahap.

BUMDes diketahui ditunjuk sebagai penyedia bahan kebutuhan pokok. Sementara untuk penyaluran dilaksanakan oleh PT Pos Indonesia.

Informasi yang dihimpun, penyaluran tahap pertama dan kedua sudah dilakukan. Untuk tahap ketiga, rencananya akan dilakukan bulan Agustus 2020 ini.

Ketua Forum BUMDes Kabupaten Magelang Widodo mengatakan, langkah yang dilakukan oleh Pemprov Jateng sangat tepat. Mengingat, pandemi memberikan dampak negatif yang luar biasa bagi masyarakat. Termasuk BUMDes sebagai penggerak kegiatan ekonomi di desa.

”Langkah yang dilakukan Gubernur Ganjar Pranowo sangat tepat. Selain memberikan bantuan langsung kepada masyarakat, juga menjadi stimulan usaha bagi BUMDes,” kata Widodo, Senin (3/8).

Widodo menyampaikan, disamping melakukan kegiatan bisnis, BUMDes bertanggung jawab sosial pada masyarakat. Bagaimana masyarakat bisa berdaya dan mandiri secara ekonomi dan sebagainya.

”Harapan ke depan, jika ada program-program dari pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten yang ditujukan kepada masyarakat agar melibatkan BUMDes agar bisa berkelanjutan,” ungkapnya.

Loading...

Terpisah, perwakilan Dispermadesdukcapil Provinsi Jateng, Danang Pambudi mengatakan jika tidak hanya masyarakat saja yang akan terbantu. Namun, BUMDes juga bisa kut bangkit.

”Karena bagaimanapun juga BUMDES adalah badan Usaha yang ada di Desa dan ikut menggerakkan ekonomi di Desa,” ujar Danang disela kunjungan ke salah satu BUMDes.

Ia menerangkan, barang yang disediakan oleh BUMDes juga harus sesuai spesifikasi yang telah ditentukan. Artinya, kualitasnya bagus.

Apabila nanti ditemukan ada yang tidak sesuai dengan spesifikasi akan langsung ditindak. Ke depan, mudah-mudahan ada program lagi yang melibatkan BUMDes.

”Selama ini pelaksanaanya sudah cukup bagus,” pungkasnya. (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: