396 Pengungsi Merapi Magelang Kembali Ke Rumah, Meski Status Masih Siaga

BNews–MUNGKD– Ratusan warga kelompok rentan dari lereng merapi Magelang pulang kembali ke rumahnya (14/12/2020). Mereka bersama-sama kembali dari pengungsian ke rumahnya yang masuk Kawasan Rawan Bencana (KRB) III.

Diketahui sebanyak 396 orang kembali ke rumahnya Senin sore (14/12/2020). Mereka yakni 286 orang berasal dari Dusun Babadan 1 Desa Paten Kecamatan Dukun; Babadan 2 Desa Paten 40 orang; dan 70 orang warga Dusun Banaran dan Gondangrejo Desa Keningar Kecamatan Dukun.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto membenarkan sebanyak 396 pengungsi pulang ke rumahnya kembali. “Benar mereka kembali ke rumah setelah satu bulan berada di pengungsian. Meskipun status merapi masih di level III atau siaga,” katanya.

Dia juga menyampaikan bahwa penanganan bencana itu butuh kerjasama antar semua pihak. Kerjasama antara Pemerintah, Dunia Usaha, Perusahaan, media massa dan masyarakat itu sendiri.

“Hal ini baik masyarakat terdampak maupun masyarakat yg lain. Dalam hal ini pemerintah sudah menjelaskan dan menyampaikan informasi penting tentang kondisi Merapi saat ini. Kemudian fasilitasi pengungsian juga sdh dilakukan,” imbuhnya.

Namun, lanjutnya pada perkembangannya dan berbagai keadaan akhirnya masyarakat meminta pulang dgengan terlebih dahulu membuat surat pernyataan.

“Memang tidah ada yg bisa memastikan kapan Merapi akan meletus . Sekali lagi kita tidak bisa bersikap fatalistik melarang atau membolehkan mereka pulang,” tegasnya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Tetapi, kata Edy bahwa segala upaya telah dilakukan bersama BPPTKG Yogyakarta untuk meyakinkan masyarakat lereng merapi. “Dalam hal ini menyakinkan bahwa pilihan terbaik saat ini adalah berada di pengungsian bagi kelompok rentan,” paparnya.

Dengan pulangnya ratusan pengungsi tersebut, kini jumlah pengungsi merapi di Kabupaten Magelang 234 orang yang tersebar di 3 titik pengungsian. “Mereka yang masih bertahan dari Dusun Babadan 2 Desa Paten , Lalu Dusun Trono, Pugeran, Trayem Desa Krinjing; dan Dusun Ngandong Desa Ngargomulyo,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: