Jateng Raih Penghargaan Produsen Beras Tertinggi, Ganjar : Kuncinya ada di produktivitas

BNews—JATENG—Provinsi Jawa Tengah mendapat penghargaan sebagai daerah yang produksi padinya terbanyak se-Indonesia beberapa waktu lalu. Penghargaan ini merupakan pemacu untuk tetap menjaga ketahanan pangan dan kedaulatan pangan.

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, hari ini (18/8/2020). Ganjar pun tak lupa mengucapkan terima kasih kepada para petani yang sudah bekerja keras untuk memberikan kualitas dan kuantitas terbaiknya.

”Iya, terima kasih kepada kawan-kawan petani, kawan penyuluh, pendamping dan dinas Kabupaten/kota serta provinsi yang telah berkarya luar biasa, sehingga Jawa Tengah mendapat apresiasi secara nasional sebagai provinsi pertama produktivitas pertanian tertinggi,” ujarnya.

Diketahui bahwa Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan sebagai daerah dengan tingkat produksi beras tertinggi se-Indonesia tahun 2019. Menurut Ganjar, kunci keberhasilan dalam hal pertanian adalah diproduktivitas.

”Kuncinya ada di produktivitas. Sebenarnya kalau kita melihat apa yang dikerjakan oleh petani, mereka punya metode dengan kearifan lokal. Pendampingan penting, penyuluh dan kita optimalkan kartu tani,” ungkapnya.

Lanjut Ganjar, untuk kartu tani akan terus dioptimalkan guna pengembangan dan kemajuan pertanian modern di Jateng. Diharapkan dengan pengoptimalan tersebut, pertanian di Jateng akan lebih baik.

”Kita sudah belajar banyak dari kartu tani. Maka, ke depan data petani harus beres, luasan lahan, tanamannya apa, kebutuhannya apa, masa tanam dan kondisi cuaca. Dan juga edukasi menuju pertanian modern,” imbuhnya.

Loading...

Selain itu, ia mengajak untuk memanfaatkan pupuk organik untuk mendapatkan hasil yang bagus dan berkelanjutan. ”Yuk, go organic, agar bisa kualitasnya bagus, berkelanjutan dan kita mendapat asupan sehat dan berkualitas,” pungkasnya. (lhr/mta)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: