4 Cara Sederhana Mengatasi Nyeri Otot, Bisa Dilakukan di Rumah

BNews—KESEHATAN— Nyeri otot adalah sensasi atau perasaan tidak nyaman pada otot-otot tubuh. Beberapa faktor yang dapat menyebabkan nyeri otot, seperti aktivitas fisik yang berlebihan, posisi tubuh yang tidak nyaman, stres, atau kondisi medis tertentu, seperti artritis atau infeksi.

Nyeri otot dapat bersifat sementara atau kronis, tergantung pada penyebab yang mendasari. Pengidap nyeri otot akan mengalami sejumlah gejala, seperti kaku dan kelemahan pada otot yang terdampak, demam, kemerahan, pusing, dan bengkak.

Jika penyebab munculnya gejala tersebut adalah cedera atau stres fisik akibat aktivitas berlebihan, di bawah ini beberapa cara sederhana untuk mengatasinya:

1. Berendam air garam

Garam yang bisa kamu gunakan adalah garam epsom. Jenis garam ini terbuat dari magnesium sulfat atau garam laut, yang memiliki kemampuan untuk mengendurkan otot tegang dan mengurangi peradangan.

Cara membuat garam mandi untuk membantu meredakan nyeri otot:

  • Tuangkan dua cangkir garam Epsom ke dalam bak mandi.
  • Aduk air dengan tangan untuk membantu melarutkan butiran yang tersisa.
  • Rendam tubuh atau area yang terkena selama 12 menit.

Kamu juga bisa menambah beberapa tetes minyak esensial cinnamon untuk memberikan efek menghangatkan kulit.

2. Kompres es atau air panas

Terapi es bertujuan untuk memperlambat sirkulasi, sehingga dapat mengurangi pembengkakan dan nyeri terkait. Langkah ini berguna untuk mengatasi gejala akibat cedera atau nyeri baru.

Sementara itu, terapi panas berguna untuk meningkatkan sirkulasi, yang dapat membantu pemulihan otot dengan meredakan nyeri otot yang tegang. Cara ini berguna untuk mengatasi cedera atau nyeri yang sudah lama.

3. Tidur nyenyak di malam hari

Tubuh mengalami proses pemulihan dan regenerasi sel-sel pada saat tidur. Aktivitas ini bisa meningkatkan produksi hormon pertumbuhan, yang berkontribusi pada perbaikan jaringan otot dan pemulihan sel yang rusak.

Mencukupi waktu tidur juga dapat membantu mengurangi tingkat stres dan ketegangan pada tubuh. Postur tubuh yang baik selama tidur juga dapat membantu mencegah ketegangan otot yang berlebihan.

4. Oleskan minyak esensial

Minyak esensial dapat membantu mengatasi nyeri otot karena sifat antiinflamasi dan relaksasi otot. Minyak lavender, peppermint, atau eucalyptus, mengandung senyawa-senyawa yang dapat meredakan peradangan dan merelaksasi otot yang tegang.

Nyeri otot dan nyeri pinggang jadi dua masalah kesehatan yang rentan terjadi akibat aktivitas berlebihan.

Itulah beberapa cara mengatasi nyeri otot dengan langkah yang sederhana. Segera diskusikan dengan dokter spesialis jika masalah tak kunjung membaik atau justru semakin bertambah parah.

Sumber: halodoc

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: