46 Desa di Kabupaten Magelang yang Akan Dibelah Jalan Tol

BNews—MAGELANG— Proyek pembangunan tol Bawen-Jogjakarta yang akan melintas Kabupaten Magelang terus berkembang. Kini, jumlah desa yang akan terbelah Pembangunan Jalan Tol.


Sebelumnya hanya ada 44 desa yang akan dilalui jalud tol ini. Namun, Bupati Magelang Zaenal Arifin menyebut jumlahnya bertambah jadi 46 desa.


Bupati mengatakan saat ini pemerintah saat ini masih melakukan komunikasi bersama warga terkait rencana pembangunan jalan tersebut.

Untuk pelaksanannya, kata dia menjadi kewenangan pemerintah provinsi. “Untuk persiapan pembangunan jalan tol di wilayah Kabupaten Magelang ini masih tahap komunikasi dengan warga,” kata dia. 

Bupati Zaenal menuturkan pembangunan jalan yang rencananya sepanjang 67,6 kilometer itu tidak melibatkan Pemkab Magelang. Dalam hal ini, Kabupaten Magelang hanya dilintasi jalan tersebut.

“Pelaksanaannya kewenangan pemerintah provinsi. Bisa ditanyakan ke satkernya,” ujar Zaenal.

Untuk diketahui, pemerintah berencana membangun jalan tol Bawen – Yogyakarta untuk menunjang akses transportasi masyarakat. Kabupaten Magelang termasuk daerah yang dilewati lantaran berada di wilayah antara Bawen, Kabupaten Semarang dengan Yogyakarta.


Kepala Bappeda dan Litbangda Kabupaten Magelang Sugiyono menambahkan 46 desa yang dilintasi proyek jalan itu berada di tujuh kecamatan.

“Di Kecamatan Grabag ada tujuh desa yang dilintasi, Secang ada sembilan desa, Tegalrejo enam desa, Candimulyo lima desa, Mungkid lima desa Muntilan tujuh desa, serta Kecamatan Ngluwar ada tujuh 7 desa,” ujar dia.

Sesuai rencana, jalan tol akan dibangun di sisi timur wilayah Kabupaten Magelang. Sedangkan exit tol berada di sekitar Palbapang, Kecamatan Mungkid. Sejauh ini, pemerintah belum melakukan jalur yang lebih rinci pembangunan jalan tol tersebut. (her/wan)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: