5 Hal Menarik Magelang, Dikelilingi Beberapa Gunung dan Miliki Wisata yang Menarik

BNews—MAGELANG— Salah satu kawasan di provinsi Jawa Tengah yakni Magelang, menyimpan banyak pesona yang salah satunya adalah objek wisata. Selain itu, Magelang juga memiliki destinasi wisata yang bernilai sejarah tinggi.

Magelang juga terkenal dengan julukan Kota Militer karena kota yang satu menjadi pusat Sekolah Akademi Militer.

Nah, berikut ini beberapa hal menarik tentang Magelang yang dilansir dari beberapa sumber.

Dikelilingi oleh beberapa gunung

Kota Magelang dikelilingi oleh beberapa gunung seperti Gunung Merbabu, Gunung Merapi, Gunung Sumbing, Gunung Telomoyo dan Pegunungan Menoreh.

Tak heran bila Magelang menjadi wilayah yang memiliki suasana relatif sejuk.

Salah satu kota tertua di Indonesia

Kota Magelang merupakan kota tertua kedua di Indonesia. Magelang berdiri sejak 11 April 907 Masehi, dan kini usianya hampir 1.115 tahun pada April 2021 ini.

Magelang mengawali sejarahnya sebagai desa perdikan Mantyasih, yang saat ini dikenal dengan Kampung Meteseh di Kelurahan Magelang.

Kemudian berkembang hingga menjadi kota selanjutnya menjadi ibu kota Karisidenan Kedu dan pernah menjadi ibu kota Kabupaten Magelang. Usai masa kemerdekaan, kota ini menjadi kota praja dan kemudian kota madya. Di era reformasi, sejalan dengan pemberian otonomi seluas-luasnya kepada daerah, sebutan kota madya ditiadakan dan diganti kota.

Ketika Inggris menguasai Magelang pada abad ke-18, Magelang dijadikan pusat pemerintah setingkat kabupaten. Saat itu, Mas Ngabehi Danurukmo diangkat menjadi bupati pertama yang mempelopori pengembangan Magelang dengan membangun sebuah masjid, alun-alun kota, dan bangunan tempat tiggal bupati.

Pusat pendidikan Akademi Militer

Magelang dikenal sebagai kota pencetak perwira-perwira tinggi di Indonesia. Hal ini  berawal dari berdirinya Akademi Militer yang diresmikan pada 11 November 1957 oleh Presiden RI Soekarno.

Magelang memiliki candi terbesar di dunia

Candi Borobudur merupakan situs arkeologi candi Budha yang terbesar di dunia. Candi ini berada di Desa Borobudur, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Candi ini dibangun sekitar tahun 800-an Masehi pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra.

Memiliki beberapa destinasi wisata yang menarik

Wilayah Magelang memiliki wisata yang menawan dan indah. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah hingga wisata yang sedang tren.

Bila ingin berwisata, Magelang menawarkan cukup banyak pilihan yang bisa dikunjungi. Seperti Candi Borobudur, Nepal Van Java, Silancur Highland, Ketep Pass, Air Terjun Kedung Kayang, Alun-alun dan masih banyak lainnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: