6 Pertandingan Sepakbola dengan Adu Penalti Terlama Sepanjang Sejarah

BNews–NASIONAL-– Adu tendangan penalti atau yang lebih dikenal dengan adu penalti dipakai untuk menentukan pemenang dari suatu pertandingan sepak bola yang tidak boleh berakhir dengan skor imbang atau seri.

Jika pertandingan telah berlangsung selama waktu normal 90 menit dilanjutkan dengan waktu tambahan dua kali 15 menit; namun masih berakhir seri, pertandingan akan dilanjutkan dengan babak adu penalti.

Normalnya, masing-masing tim akan mendapatkan lima kesempatan untuk melakukan tendangan penalti.

Tim dengan gol terbanyak yang menjadi pemenangnya. Bagi yang suka main di m88, jika sudah adu penalti pasti akan membuat lebih deg-degan dengan hasil akhir pertandingannya.

Namun bagaimana jika skor tetap seri setelah 10 tendangan penalti dieksekusi? Jawabannya, adu penalti akan dilanjutkan sampai ada tim yang gagal menyeimbangkan skor.

Hasil adu penalti ini tentunya tidak bisa diprediksi. Ada yang berlangsung dengan singkat, namun ada juga yang berlangsung sangat lama karena skor yang terus berkejar-kejaran.

Sepanjang sejarah sepak bola, beberapa pertandingan berikut tercatat sebagai pertandingan dengan adu penalti terpanjang yang pernah ada.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
  • Washington FC vs Bedlington Terriers, 2022 (54 penalti, 49 gol)
    Pertandingan antara dua tim non-liga dari Timur Laut Inggris yang berlangsung pada 9 Maret 2022 lalu ini berakhir seri 3-3 setelah perpanjangan waktu. Untuk menentukan pemenangnya, dilakukan adu penalti yang berlangsung sangat lama dan dramatis. Tambahan 49 gol dari 54 tendangan penalti dicetak dalam adu penalti tersebut dengan hasil akhir 25-24 untuk kemenangan Washington. Pertandingan yang secara statistik hanya ditonton oleh puluhan orang ini pun memegang rekor dunia untuk adu penalti terlama.
  • KK Palace vs The Civics, 2005 (48 penalti, 33 gol)
    Rekor dunia sebelumnya dicetak pada pertandingan final Namibian Cup 2004/05 antara KK Palace melawan The Civics. Skor imbang 2-2 diperoleh di akhir waktu normal. Laga ini tak memainkan waktu tambahan, melainkan langsung dilanjutkan dengan babak adu penalti. Sebanyak 48 tendangan penalti dilakukan dan menghasilkan 33 gol. Pertandingan akhirnya dimenangkan oleh KK Palace dengan skor adu penalti 17-16.
  • Old Wulfrunians vs Lane Head, 2021 (44 penalti, 37 gol)
    Pertandingan antara kedua tim di ajang JW Hunt Cup yang berlangsung pada 20 Oktober 2021 ini menghasilkan skor imbang 3-3. Adu penalti pun dilakukan hingga 44 tendangan yang memakan waktu hingga setengah jam dan berakhir dengan kemenangan Old Wulfrunians 19-18 atas Lane Head.
  • Netherlands U21 vs England U21, 2007 (32 penalti, 25 gol)
    Dalam ajang UEFA U-21 Championship 2007, laga semifinal yang berlangsung pada 20 Juni 2007 antara Netherlands U21 melawan England U-21 berakhir seri 1-1. Sebanyak 32 tendangan penalti dilakukan untuk mendapatkan pemenangnya. Netherlands U21 memenangkan pertandingan dengan skor adu penalti 13-12 mengalahkan England U-21.
DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)
  • Scunthorpe United vs Worcester City, 2014 (32 penalti, 27 goli)
    Pertandingan antara Scunthorpe United melawan Worcester City dalam ajang Piala FA 2013-14 harus diselesaikan dengan adu penalti setelah perpanjangan waktu berakhir dengan skor imbang 1-1. Total sebanyak 27 gol dihasilkan dari 32 tendangan penalti yang dilakukan kedua tim. Scunthorpe United unggul 14-13 atas Worcester City dan memenangkan pertandingan.
  • Liverpool vs Middlesbrough, 2014 (30 penalti, 27 gol)
    Dalam laga antara Liverpool melawan Middlesbrough di ajang Piala EFL yang berlangsung pada 23 September 2014, kedua tim mendapatkan hasil imbang 2-2. Penentuan pemenang lewat adu penalti berlangsung cukup panjang hingga 30 tendangan. Pertandingan dimenangkan oleh Liverpool yang unggul atas Middlesbrough dengan skor adu penalti 14-13.

(*)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: