9 Makanan yang Efektif Hilangkan Bau Mulut

BNews—KESEHATAN— Bau mulut atau halitosis, dapat menurunkan rasa percaya diri penderitanya dan berpotensi memicu gangguan kecemasan ketika bergaul dengan orang lain.

Jangan khawatir, terdapat banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasinya, salah satunya mengonsumsi makanan penghilang bau mulut. Berikut sembilan makanan yang dapat membantu menghilangkan bau mulut:

1. Rempah-rempahan

Salah satu makanan penghilang bau mulut adalah rempah-rempah, seperti peterseli (daun parsley), daun mint, hingga daun kemangi.

Christine Gerbstadt, seorang dokter dari The American Dietetic Association, merekomendasikan rempah-rempah, seperti ketumbar, rosemary, hingga kapulaga, untuk mengatasi bau mulut.

Pasalnya, rempah-rempahan memiliki bau yang cukup kuat. Aroma ini diharapkan bisa menghilangkan bau tak sedap dari mulut Anda.

2. Lemon

Lemon adalah makanan yang juga dipercaya ampuh mengatasi bau mulut tak sedap. Sebab, buah ini memiliki aroma yang cukup kuat sehingga mampu ‘menutupi’ bau tak sedap yang keluar dari mulut Anda.

Cara paling aman untuk menggunakan lemon dalam menghilangkan bau mulut tak sedap adalah memeras air lemon dan mencampurkannya dengan air. Setelah itu, Anda bisa langsung meminumnya.

Anda disarankan untuk tidak langsung mengunyah lemon karena sifat asamnya berpotensi merusak enamel gigi.

3. Permen mint tanpa gula

Permen mint tanpa gula juga bisa diandalkan untuk mengatasi bau mulut tak sedap. Sebab, produksi air liur bisa meningkat ketika Anda mengisap permen ini.

Bertambahkan air liur di dalam mulut dapat membantu menghilangkan senyawa penyebab bau mulut yang menempel di gigi.

4. Yogurt

Yogurt termasuk salah satu minuman penghilang bau mulut yang cukup efektif. Pasalnya, terdapat bakteri baik di dalam yogurt yang bisa mengatasi bau mulut tak sedap.

Bakteri baik tersebut dinilai mampu memerangi bakteri penyebab bau mulut sehingga masalah ini dapat dihindari.

5. Apel

Apel adalah buah penghilang bau mulut yang lezat dan menyehatkan. Dikutip dari Everyday Health, buah ini juga membantu meningkatkan produksi air liur di dalam mulut.

Tidak hanya itu, buah apel berperan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan menyeimbangkan ekologi mulut sehingga bau tak sedap dapat diatasi.

6. Jeruk

Jeruk dan buah yang mengandung vitamin C lainnya juga termasuk sebagai makanan penghilang bau mulut.

Tidak hanya mengatasi bakteri jahat di dalam mulut, vitamin C yang dikandung buah-buahan ini dinilai mampu mengatasi penyakit gusi dan gingivitis yang sering kali menyebabkan bau napas tak sedap.

7. Kacang almond

Bau mulut tak sedap juga bisa dilawan dengan konsumsi kacang almond dan berbagai jenis kacang lainnya. Manfaat ini berasal dari kandungan serat yang ada di dalam kacang almond dan kacang lainnya.

Serat dapat bertindak sebagai ‘sikat gigi alami’ yang terbukti ampuh secara ilmiah dalam mencegah bakteri penyebab bau mulut supaya tidak mengotori gigi.

8. Air putih

Tahukah Anda kalau air putih termasuk sebagai minuman penghilang bau mulut yang efektif? Pasalnya, air putih dapat membuat mulut menjadi lembap dan bersih sehingga bau mulut tak sedap dapat diatasi. Terlebih lagi, air putih juga mampu menghidrasi tubuh dan mencegah dehidrasi.

9. Teh hijau

Selain air putih, Anda juga bisa mengonsumsi teh hijau untuk mengatasi bau mulut yang tidak sedap. Pasalnya, teh hijau mengandung senyawa bernama katekin, yakni antioksidan yang mampu menghilangkan bakteri penyebab bau mulut tak sedap. (*)

Sumber: sehatq.com

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!