Agar UMKM Naik Kelas, Komunitas JUMPUTAN Magelang Gelar Pameran Di Artos Mall

BNews–MAGELANG-– Pandemi COVID-19 memberikan dampak buruk terhadap ekonomi bagi pelaku Usaha Mikro, kecil, dan Menengah (UMKM) di Magelang. Oleh karena berbagai upaya membangkitkan UMKM terus dilakukan oleh berbagai pihak.

Salah satunya oleh komunitas Jumat Motret Produk Gratisan (JUMPUTAN) yang mengadakan pameran UMKM Naik Kelas. Dimana ajang tersebut juga bertepatan satu tahun JUMPUTAN yang fokus membantu UMKM.

Kegiatan itu diadakan mulai tanggal 18 – 20 Juni 2021. Dan berlokasi di Atrium Hall Artos Mall.

Pembukaan UMKM Naik Kelas ini resmi dibuka hari ini (18/06) dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Lalu pemukulan gong oleh Bupati Magelang yang diwakilkan oleh Asisten Ekonomi, Pembangunan, Sekretariat Daerah Kabupaten Magelang Iwan Sutiarso.

Tidak hanya itu, pembukaan pameran juga dihadiri oleh Kepala Disperindag Kota Magelang Catur Fajar Budi Sumarmo. Secara keseluruhan acara pembukaan ini berjalan dengan lancar dan meriah dengan adanya persembahan penampilan Tari Batik Indonesia dari Sanggar Tari Arumsari.

Iwan Sutiarso dalam sambutannya mengungkapkan bahwa, usaha mikro merupakan salah satu pelaku pembangunan ekonomi di Daerah dan perlu diberdayakan.

“Pemerintah Kabupaten Magelang sangat memberikan perhatian terhadap pertumbuhan UMKM dengan menerbitkan Peraturan Daerah Kabupaten Magelang Nomor 9 Tahun 2017. Yakni tentang Pemberdayaan Usaha Mikro, yang diharapkan dapat memberikan perlindungan dan manfaat untuk masyarakat pelaku bisnis pada umumnya dan pelaku UMKM pada khususnya,” katanya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Sementara Kepala Panitia, Woro Isti Palupi mengatakan bahwa pameran ini diikuti sebanyak 38 peserta pameran produk makanan, kerajinan, dan fashion. Selain adanya bazaar UMKM, terdapat beberapa agenda event yang menarik.

“Acara ini juga ada Pentas Tari Tradisional dan Moderen, Lomba Fashion Show Anak Batik Magelang, Lomba Desain Batik Magelang, Fashion Show Batik; Workshop, Demo Memasak, dan Pentas Musik,” tambahnya.

Ia berharap dengan adanya pameran ini dapat membangkitkan UMKM di Magelang untuk dapat mengenalkan produk lokal ke kancah yang lebih luas lagi. “Terpenting lagi mampu bersaing di era digitalisasi modern seperti ini. Sehingga dapat memberikan peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat,” pungkasnya. (bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: