Akibat Hujan Abu, Warga Lereng Merapi Magelang Kesulitan Cari Rumput Untuk Pakan Ternak

BNews–MAGELANG– Dampak awan panas yang dikeluarkan Gunung Merapi membuat sejumlah wilayah terjadi hujan abu. Khususnya di wilayah Barat dan Barat Laut merapi, yakni Magelang.

Salah satunya di wilayah Dusun Babadan 2 Desa Paten Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang. Kampung teratas tersebut diguyur hujan abu sejak Sabtu kemarin (11/3/2023).

Akibatnya, selain atap rumah tertutup abu juga menutupi tanaman pertanian termasuk rumput. Dimana rumput ini dimanfaatkan oleh warga sehari hari untuk pakan ternak kambing ataupun sapi.

Karena rumput tertutup abu, sehingga tidak layak untuk diberikan pada ternak warga. Sehingga mereka harus mencari dari wilayah lain atau meminta bantuan.

Slamet, seorang pemuda di Babadan 2 Desa Paten mengatakan dirinya bersama warga lainnya kesulitasn mencari rumput. Khususnya untuk pakan ternak.

“Kami kesulitan mencari rumput untuk pakan ternak. Rumput di daerah sini semua tertutup abu,” katanya (12/3/2023).

Meski kondisi merapi berangsur normal, namun rumput-rumput masih tertutup abu. Warga terpaksa mencari pakan ternak hingga ke desa tetangga agar ternaknya tidak kelaparan.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

“Kita cari atau beli di daerah lain. Atau menerima jika ada yang memberi dari wilayah bawah yang tidak terguyur abu. Tapi kami masih mencari,” imbuh Slamet.

Perlu diketahui, wilayah Desa Paten ini masuk dalam kawasan rawan becana (KRB) III. Lokasi sangat dekat dengan Gunung Merapi.

Dan awan panas masih terus meluncur di sisi barat daya, di hulu sungai bebeng dan krasak. BPPTKG terus memberikan himbauan untuk warga di sekitar merapi untuk selalu waspada. (bsn)

About The Author

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!