Alasan Presiden Jokowi Tidak Akan Terapkan Lockdown di Indonesia

BNews—NASIONAL— Presiden Joko Widodo memastikan pemerintah tidak akan menetapkan status lock down seperti di negara negara lain. Baik untuk seluruh Indonesia maupun di sejumlah daerah.

Dalam kegiatan rapat terbatas Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah alas an tidak lockdown.  “Ada yang bertanya kenapa kebijakan lockdown tidak kita lakukan, perlu saya sampaikan setiap negara memiliki karakter, budaya, kedisiplinan yang berbeda-beda,” kata Jokowi.

“Oleh itu kita tidak memilih jalan itu dan itu sudah saya pelajari saya memiliki analisa-analisa seperti itu,” tegas Presiden Jokowi.

Dia menerangkan, dari semua negara sudah bisa dilihat kebijakannya. Nah lockdown bukanlah sebuah pilihan.

“Jadi yang paling pas di negara kita physical distancing menjaga jarak aman kalau itu bisa kita lakukan saya yakin kita bisa mencegah penyebaran covid-19 ini,” tegas Jokowi.

Ia mengatakan, physical distancing memang membutuhkan sebuah kedisiplinan yang kuat dan ketegasan yang kuat. Jangan sampai, lanjut Jokowi yang sudah diisolasi malah membantu tetangganya yang ada hajatan.

“Ada juga yang sudah diisolasi masih belanja di pasar, kedisiplinan untuk mengisolasi yang penting, partial isolated, mengisolasi RW, kelurahan penting, tapi dengan kedisiplinan yang kuat kalau ini bisa dilakukan saya yakini skenario yang kita pilih bisa menghasilkan hasil yang baik,” paparnya. (wan/her)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: