Antisipasi Siklus Siklon Tropis, Ini Prakiraan Cuaca Magelang

BNews–NASIONAL– Prakiraan cuaca BMKG, memprediksi siklus iklon tropis akan melanda sebagian kawasan Indonesia. Beberapa wilayah berpotensi dilanda cuaca ekstrem berupa hujan lebat dan angin kencang, untuk Sabtu (26/12/2020).

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi sejumlah wilayah di Indonesia akan diguyur hujan dengan intensitas tinggi. Dan berpotensi disertai angin kencang pada Sabtu (26/12/2020) besok.

BMKG pun sudah mengeluarkan peringatan dini agar masyarakat yang tinggal di daerah yang berpotensi terjadi hujan deras dan angin kencang untuk meningkatkan kewaspadaan.

Selain hujan deras dan angin kencang, BMKG juga mengeluarkan peringatan ini potensi gelombang tinggi di sejumlah daerah.

Dilansir web.meteo.bmkg.go.id, Sirkulasi Siklonik terpantau di Perairan Barat Aceh yang membentuk daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi). Dimana yang memanjang dari Sumatera Utara hingga Aceh.

Sirkulasi siklonik lainnya terpantau di Laut Sulu yang membentuk konvergensi memanjang di Kalimantan Utara, dari Kalimantan Barat hingga Kalimantan Timur. Lalu dari Kalimantan Selatan hingga Sulawesi Tengah, di Sulawesi Utara dan di perairan Timur laut Maluku Utara.

Selain itu, sirkulasi siklonik di Australia bagian Utara dan di perairan Utara Papua secara tidak langsung membentuk daerah pertemuan angin yang memanjang di NTT bagian Timur dan di Papua.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS (KLIK DISINI)

Kondisi ini mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sepanjang daerah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin (konvergensi) lainnya terpantau memanjang dari Bengkulu hingga Banten, dari pesisir Selatan Jawa Barat hingga Jawa Timur, dan di NTB, yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan konvektif di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Berikut beberapa wilayah yang diperkirakan berpotensi hujan dan hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir hingga angin kencang besok Sabtu (26/12/2020).

Wilayah yang berpotensi hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang adalah :

  • – Aceh
  • – Sumatera Barat
  • – Bengkulu
  • – Jambi
  • – Sumatera Selatan
  • – Kep. Bangka Belitung
  • – Lampung
  • – Jawa Barat
  • – Jawa Tengah

Sementara untuk wilayah Magelang, BMKG memprediksi kondisi cuaca Magelang diperkirakan hujan lebat pada Sabtu siang hari. Dan hujan ringan pada malam hari dengan suhu berkisar 23-30 derajat celcius. (*)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: