Antusiasme Peserta SKPP Daring Kabupaten Magelang Mengikuti Web Diskusi

BNews—MUNGKID—Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Magelang menggelar kegiatan Web Diskusi Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP) Daring bersama 49 peserta,pada Kamis (11/6/2020). Semua peserta tersebut sebelumnya lolos tahap Audio Visual.

Ketua Bawaslu Kabupaten Magelang MH Habib Shaleh menuturkan tahapan pembelajaran Audio Visual itu berlangsung sejak bulan Mei lalu. Kegiatan Web Diskusi diselenggarakan menggunakan aplikasi video conference Zoom. 

“Seyogyanya kegiatan edukasi ini dilaksanakan secara tatap muka namun karena adanya pandemi Covid-19, maka dilaksanakan secara daring.” Ungkapnya.

Dalam diskusi tersebut, hadir pula secara daring Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran Bawaslu Provinsi Jateng Sri Wahyu Ananingsih. Dia mengapresiasi antusiasme peserta yang berjumlah 49 orang, sekalipun Kabupaten Magelang tidak sedang melaksanakan tahapan Pilkada.

“Saya berharap melalui SKPP ini para peserta bisa aktif mengkaji tentang pengawasan pemilu. Bisa juga dijadikan bekal untuk pembuatan skripsi maupun laporan akhir,” ungkapnya melalui daring.

Diskusi berlangsung sekitar tiga jam dan diisi materi oleh narasumber yang keseluruhannya merupakan komisioner Bawaslu Kabupaten Magelang.  Materi yang diberikan yakni menyangkut kepengawasan pemilu.

Seperti Peran Divisi Hukum, Data, dan Informasi dalam Pengawasan Pemilu 2019. Kemudian Penanganan Pelanggaran Pemilu, Membumikan Gerakan Pengawasan Partisipatif, Mengenal Penyelesaian Sengketa di Bawaslu, dan SDM di Bawaslu Kabupaten Magelang.

Loading...

Jelas Habib, Bawaslu Kabupaten Magelang mempunyai banyak program, diantaranya Keluarga Anti Money Politics (KeAMP), Kampung Anti Money Politics (KAMP), maupun Panwas Lillahita’ala. Diapun mengingatkan agar seluruh peserta tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Pada sesi tersebut, peserta berdiskusi langsung dengan narasumber sehingga diskusi berlangsung dengan seru. Di akhir kegiatan, Habib mengatakan harapannya agar peserta tetap aktif mengikuti setiap tahapan SKPP Daring.

Downlaod Musik Keren Disini

“Nantinya saya berharap akan lahir tokoh-tokoh demokrasi dari alumni SKPP Daring ini. Mereka bisa menjadi penyelenggara pemilu maupun bergabung menjadi pengawas partisipatif,” harapnya.

Sementara itu Kordiv Hukum data dan informasi M Dwi Anwar Kholid menambahkan bahwa warga yang membutuhkan data-data kepemiluan. Untuk penulisan skripsi, tesis, atau tugas kuliah lainnya dapat menghubungi pihaknya.

”Bawaslu Kabupaten Magelang siap memfasilitasi. Kami punya data komplit yang bisa diakses publik secara cepat,” pungkasnya. (mta)

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: