APBD 2017 Ditetapkan Ini Catatan Gubernur untuk Pemkab Magelang

BNews–MUNGKID– APBD 2017 resmi ditetapkan melalui Sidang Paripurna di Gedung DPRD Kabupaten Magelang, kemarin petang (8/2). Sejumlah catatan diberikan Gubernur Jawa Tengah terkait proses penetapan ini.
Dalam rapat yang dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Magelang Sariyan Adi Yanto itu, Gubernur Jawa Tengah meminta supya Pemkab Magelang memedomani Peraturan Mendagri No 13/2006 tentang Pedoman Pengelolaan Keuangan Daerah. Dimana Pemkab Magelang diminta mentaati jadwal penyerahan draft KUA PPAS (Pra APBD) tepat waktu sehingga tidak molor seperti tahun ini.
Dalam APBD, Gubernur Jawa Tengah juga menyoroti penyertaan modal bagi BUMD terlalu besar. Dimana, jumlahnya tidak berbanding pendapatan atau pemasukan BUMD. Juga terkait soal peningkatan obyek wisata Kalibening, Pemda di sarankan mengawal dan menyelesaikan permasalahan wanprestasi yang dilakukan pihak ketiga.
Sedangkan untuk Bantuan keuangan Khusus ke desa, Gubernur berharap jangan samapi memunculkan kesenjangan antar. Dimana, dalam pengalokasian harus menggunakan prinsip keadilan dan sesuai instrumen yang sudah ditentukan.
“Antara lain dilihat dari Pendapatan Asli Desa, jumlah penduduk serta luas wilayah, dengan maksud tujuan lain kebijakan alokasi ini di harapkan lebih merata dan tepat sasaran,” kata Gubernur melalui surat yang disampaikan ke DPRD.
Gubernur juga menyoroti tingginya penyediaan anggaran pembiayaan honor terhadap PNS maupun Non PNS. Dimana, jumlahnya harus mengacu asas kewajaran dan rasionalitas kegiatan.
Untuk diketahui dalam APBD 2017, pendapatan ditetapkan Rp 2.1 triliun. sedangkan belanja daerah ditaetapkan Rp 2,4 trilun. Dari jumlah itu, akan terjadi devisit anggaran sebesar Rp 230 miliar.  Kekurangan itu, akan ditutup dengan Pembiayaan Daerah sebesar devisit yang ada.
Setalah laporan di bacakan di lanjutkan penanda tanganan laporan pengesahan Raperda dan APBD Kabupaten Magelang tahun 2017 oleh Ketua DPRD yang di serahkan kepada Bupati Magelang. Yang sebelumnya sudah di setujui oleh seluruh anggota sidang paripurna terbuka ini.
Dalam sambutannya Bupati Magelang Zaenal Arifin mengungkapkan terima kasih kepada DPRD Kabupaten Magelang yang telah menindak lanjuti surat Evalusi dari Gubernur Jawa Tengah. “Setelah kita sepakati bersama hasil perbaikan Raperda dan RAPBD Kabupaten Magelang tahun 2017 ini,maka segeralah di ajukan ke Gubernur atau tingkat provinsi untuk mendapatkan No register,” katanya. ( bsn )

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: