Aplikasi IMagelang Diharapkan Tingkatkan Literasi

BNews–KOTA MAGELANG–Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Magelang terus berupaya meningkatkan literasi semua lapisan masyarakat. Program peningkatan pun dilaksanakan melalui berbagai perlombaan (27/1/2020).

Disperpusip Kota Magelang menggerlar berbagai perlombaan antara lain lomba menulis, lomba sinopsis, pelatihan berbagai bahasa jepang, inggris dan mandarin setiap hari Sabtu. Pesertanya dari Pengunjung Perpustakaan.

Menurut Kepala Dinas Disperpusip Kota Magelang Isa Ashari, mengatakan dengan era perkembangan zaman pelayananpun akan ditingkatkan dengan mengarah ke digital. “Masyarakat sekarang lebih banyak membaca dari media handphone ataupun Laptop. Oleh sebab itu kita akan mengembangkan daya literasi dengan menambah jumlah bacaan di aplikasi IMagelang,”katanya saat ditemui Borobudur News.

IMagelang sendiri merupakan aplikasi dari Disperpusip Kota Magelang untuk mempermudah akses membaca masyarakat. “IMagelang hadir sebenarnya ada sejak tahun 2017 lalu. Sejauh ini jumlah buku versi digitalnya sudah mencapai 5039 dari total jumlah buku cetak 60.654 buku,” papanya.

DOWNLOAD APLIKASI BOROBUDUR NEWS GRATIS DAN RINGAN (KLIK DISINI)

Sementara Kepala Bidang Penyelenggara Perpustakaan, Cicik menambahkan bahwa pihaknya juga bekerjasama dengan sekolah-sekolah di Kota Magelang untuk meningkatkan literasi. “Biasanya sebelum pelajaran dimulai di Sekolah, para siswa diberi waktu 10 menit untuk membaca buku pelajaran maupun cerita kemudian merangkum,” tambahnya.

Program tersebut mulai dilaksanakan tahun 2017 dan mendapat respon positif dari sekolah dan siswanya yang sangat antusias. “Bahkan ada sekolah yang membuat perlombaan literasi untuk siswa siswinya dan yang terbagus bisa mendapat buku cerita atau alat tulis dari gurunya,” ungkapnya.

Cici melanjutkan, Disperpusip akan menambah jumlah buku cetak dengan berbagai judul dan berencana menambah sarana prasarana ntuk pengunjung. “Ada beberapa pengunjung yang memberi saran kepada kami untuk menambah judul (buku). Maka kita akan berusaha menyediakannnya secepat mungkin,” lanjutnya.

“Kita juga berencana menambah kecepatan wifi (diruang baca pengunjung) dan memperluas area baca pengunjung,” ujarnya.

“Saya berharap masyarakat terus berliterasi dengan memanfaatkan perkembangan zaman, dan meningkatkan gemar membaca untuk menghasilkan karya,” pungkasnya. (cr1/bsn)

Tinggalkan Balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: