Aplikasi PeduliLindungi Untuk Cegah Penyebaran Corona Diluncurkan, Dowonload Disini

BNews—NASIONAL— Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus korona, langkah-langkah penanganan kilat agar tidak turut tertular harus dilakukan sedini mungkin. Sebuah aplikasi bernama PeduliLindungi akan membantu mengidentifikasi riwayat orang-orang yang ’tidak sengaja’ berada dalam jarak dekat dengan pasien positif covid-19. Termasuk Orang Dalam Pengawasan (ODP) dan Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

PeduliLindungi dikembangkan oleh pemerintah, antara Kemenkominfo, Kemenkes, Kementerian BUMN dan BNPB. Aplikasi ini sementara waktu baru bisa mendukung smartphone atau gawai berbasis sistem android.

Dalam pengoperasian aplikasi ini, dibutuhkan partisipasi warga untuk saling membagikan data lokasinya. Tujuannya agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita Covid-19 dapat dilihat.

Mekanisme kerjanya, PeduliLindungi menggunakan data yang diproduksi oleh gawai dengan bluetooth aktif untuk merekam informasi yang dibutuhkan. Ketika ada gadget lain dalam radius bluetooth yang juga terdaftar di PeduliLindungi, akan terjadi pertukaran ID anonim yang akan direkam oleh masing-masing gawai.

Aplikasi ini selanjutnya akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif covid-19, ODP atau PDP.

Hal ini akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak. Terkait privasi, PeduliLindungi sangat memperhatikan kerahasiaan pribadi pengguna.

Data mereka disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain. Data pengguna hanya akan diakses bila mereka dalam risiko tertular covid-19 dan perlu segera dihubungi oleh petugas kesehatan.

Loading...

”Jika anda pernah berada di tempat yang dekat dengan kasus covid-19 positif, baik anda tahu atau pun tidak tahu orangnya, PeduliLindungi membantu petugas kesehatan untuk menghubungi anda lebih cepat. Dengan begitu, lebih cepat juga menghentikan penularan covid-19, sehingga kita bisa melindungi orang-orang yang tercinta di sekitar kita,” jelasnya seperti dikutip laman resmi PeduliLindungi.

Untuk mengunduh aplikasi PeduliLindungi, silakan klik tautan berikut:

DOWNLOAD APLIKASI PeduliLindungi (Klik disini). (han)

Kaos Deglang

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: