Area Petilasan Gunung Balak Pakis Dirusak Orang Asing

BNews—PAKIS— Area Gunung Balak Pakis yang biasa dikunjungi peziarah dirusak orang tak dikenal, pekan lalu. Kerusakan itu diduga sengaja dilakukan oleh tangan jahil.

Kerusakan terjadi dibagian jalan menuju puncak Gunung Balak sebelah Timur. Masuk di wilyah Dusun Pakis Kulon Desa Pakis Kecamatan Pakis. Pengrusakan tersebut diperkirakan dilakukan pada kamis malam dan baru bisa diketahui Jumat (8/11) pagi, oleh para pekerja.

Kepala Dusun Pakis Kulon, Elang Budiyanto, 52, membenarka aksi perusakan itu. Menurut pengamatannya bangunan cor blok sengaja dirusak kemudian ditancapkan kayu. 

Menurutnya, bangunan itu masih dalam masa penyelesaian. LAda sedikitnya 27 buah papan blok cor-coran yang hancur dan saya perkirakan sengaja dirusak, ” terangnya.

Mendapati kejadian itu, pihaknya langsung melapor ke Pemerintah Desa. Apalagi, bangunan itu dibuat dengan anggaran Rp 200 juta.

“Kami belum tau motif dari pengerusakan ini, dan sedang kami selidiki, ” paparnya.

Gunung Balak ini adalah salah satu situs budaya yang banyak didatangi peziarah. Dipuncak gunung dipercaya tertanam senjata Syekh Subakir berupa keris. (han/wan)

Loading...

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: