Bakal Dibatasi, Begini Rencana Pelaksanaan Borobudur Marathon 2020

BNews—MAGELANG— Panitia pelaksana Borobudur Marathon 2020 terus mencari format terbaik pelaksaan kegiatan. Mengingat saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19.


Berbagai pilihan rute pelaksanaan terus digodok. Panitia menyiapkan sejumlah palaning untuk kelancaran kegiatan.

Panitia Penyelenggara Lukminto Wibowo di Semarang, menyatakan jalur awal atau Rencana A bagi pelari marathon (42,195 km) di Borobudur Marathon 2020 ini adalah rute half marathon (21 kilometer) yang mewajibkan peserta berlari dua kali putaran di lintasan half marathon.

Rute ini masih menyusuri area perbukitan, sawah, dan kampung sehingga bisa disaksikan langsung oleh masyarakat dari jarak dekat.


Namun dalam perkembangan, kata dia, pihaknya menyiapkan Rencana B yaitu 30 pelari elite yang bersaing berlari di sekitar lokasi taman Candi Borobudur dengan protokol kesehatan dan tanpa penonton.

”Menurut hitungan kami, di sekitar taman Candi itu jaraknya 2,4 km. Jadi peserta bisa berlari sebanyak 17 kali putaran. Terus terang kami khawatir bila BorMar sampai menciptakan klaster baru pandemi corona karena di sana ada celah kerumunan penonton. Ini yang sekuat tenaga kami hindari,” ujarnya, dikutip Antara.

Ditambahkan Luki, sapaan akrabnya, terkait model rute di sekitar candi terinspirasi pelaksanaan London Marathon yang baru saja digelar 4 Oktober lalu.


Rute yang dilalui bukan di jalanan namun di St. James Park secara tertutup dengan protokol kesehatan dan keamanan yang super ketat.


Hanya, menurut dia, faktor pembeda dari London Marathon adalah pada BorMar kali ini pesertanya dikhususkan kaum muda di bawah 45 tahun.

Mereka adalah pelari yang direkomendasi PB PASI (otoritas tertinggi yang menaungi atletik) dan pelari yang menjuarai BorMar tahun 2019 lalu.


”Terkait dengan Rencana B ini, kami akan berkonsultasi dengan Pak Ganjar Pranowo, selaku Gubernur untuk mendapatkan arahan dan masukan,” tambahnya. (her/wan)

Kaos Deglang
1 Comment
  1. Antonius Suprapto says

    S7 peserta marathon 2020 di bawah umur 45 tahun.

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

error: Content is protected !!
%d blogger menyukai ini: